Iklan Dibawah Header

Tulisan Arab Assalamualaikum Lengkap, Latin, dan Artinya (Tinggal Salin!)

Konten [Tampil]

Tulisan Arab Assalamualaikum Lengkap, Latin, dan Artinya (Tinggal Salin!) - Kita ketahui bersama jika mengucapkan salam merupakan sunnah bagi Kita umat muslim. Salam dapat Kita ucapkan misalnya pada saat Kita memasuki rumah orang lain, mengirim pesan ke seseorang, bertemu di jalan, dan sebagainya.

Tulisan Arab Assalamualaikum

Tulisan arab Assalamualaikum banyak dicari karena untuk digunakan dengan tujuan tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu salin tulisan arab Assalamualaikum di sini jika kamu sedang membutuhkannya untuk berkirim pesan, keperluan tugas word, tulisan tangan, dan sebagainya.

Sebenarnya orang-orang pada umumnya hanya menggunakan tulisan latin Assalamualaikum saja, tetapi mungkin kamu sedang membutuhkan tulisan arab Assalamualaikum saja karena anti mainstream jika hanya menggunakan tulisan latin saja.

Mungkin banyak yang kesulitan membuat tulisan Assalamualaikum arab karena terkendala pada keyboard yang bukan arabic, tapi latin. Sebenarnya Kita bisa membuat sendiri tulisan arab Assalamualaikum dengan menggunakan keyboard arab, tapi mungkin butuh waktu ekstra.

Oleh sebab itu, kamu tinggal mencari tulisan Assalamualaikum arab sehingga bisa kamu langsung copy paste Ini tentunya sangat membantu bagi yang enggan menulis sendiri lafadz Assalamualaikum dengan tulisan arab.

Nah, kali ini MediaRale akan membagikan Tulisan Arab Assalamualaikum, Latin, & Artinya. Tak hanya itu, ada juga versi lebih panjang yakni tulisan arab Assalamualaikum wa rahmatullahi wabarakatuh untuk disalin, maka silahkan kamu copy saja teks nya di bawah karena sudah dibagikan.

Tulisan Assalamualaikum Latin

Ayat Al-Quran yang menganjurkan untuk mengucapkan salam adalah pada surat An-Nur ayat 27. Allah SWT berfirman:

ـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تَدۡخُلُوۡا بُيُوۡتًا غَيۡرَ بُيُوۡتِكُمۡ حَتّٰى تَسۡتَاۡنِسُوۡا وَتُسَلِّمُوۡا عَلٰٓى اَهۡلِهَا ‌ؕ ذٰ لِكُمۡ خَيۡرٌ لَّـكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُوۡنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.

Salam yang Kita ucapkan dengan kalimat Assalamualaikum memiliki banyak sekali keutamaan, seperti diberikan pahala yang melimpah, dimudahkan jalan menuju surga, dan diberi kesempuarnaan iman.

Sebelum ke tulisan Assalamualaikum dalam aksara arab, mungkin ada juga yang mencari tulisan latin Assalamualaikum yang benar bisa kamu salin juga di bawah ini.

  • Assalamu'alaikum
  • Assalamu'alaikum Warahmatullah
  • Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Di atas adalah 3 jenis salam yang umumnya diucapkan sebagai sapaan maupun doa. Untuk tulisan arab dan artinya bisa kamu lihat di pembahasan selanjutnya di bawah ini.

Arti Assalamualaikum

Selain tulisan latin Assalamualaikum, hal yang tak kalah penting yang harus Kita ketahui adalah arti lafadz Assalamu'alaikum, Assalamu'alaikum Warahmatullah, dan Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Assalamu'alaikum

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ

Assalamu'alaikum Warahmatullah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hukum Mengucapkan Assalamualaikum

Perlu diketahui jika hum mengucapkan salam kepada seseorang adalah Sunnah yang berarti apabila diucapkan mendapat pahala, dan jika tidak maka tidak mendapat dosa. Sekelompok golongan menganggapnya Sunna Kifayah yang hukumnya sama dengan menjawab salam.

Sunnah kifayah adalah apabila seseorang dari kelompok tersebut mengucapkan assalamualaikum, maka hal tersebut sudah cukup. Sebagaimana dalam hadist yang artinya:

"Sudah mencukupi untuk suatu rombongan jika melewati seseorang, salah satu darinya mengucapkan assalamualaikum."

Adapun menjawab salam terdapat dua hukum. Pertama apabila salam diucapkan kepada orang yang lagi sendirian, maka dia wajib menjawab salam tersebut. Karna menjawab dalam kondisi sendirian hukumnya fardhu’ain.

Kedua apabila salam diucapkan kepada suatu kelompok, maka menjawab salam adalah fardhu kifayah. Fardhu kifayah artinya apabila ada satu orang yang menjawab salam, maka hal tersebut sudah mewakili yang lain.

Perlu diketahui, jika salam dalam bentuk pesan tulisan, atau pesan media lainnya. Pendapat pertama melarang penggunaan kata assalamualaikum di singkat menjasi askum, ass, dan sebagainya. Hal ini artinya bisa merubah arti dari kalimat asslamualaikum. Sedangkan pendapat kedua tidak masalah apabila diringkas kalau hanya sekedar tulisan, bukan bacaan.

Hadist Tentang Asslamualaikum

Di atas sudah disebutkan jika Ayat Al-Quran yang menganjurkan untuk mengucapkan salam adalah pada surat An-Nur ayat 27. Lalu bagaimana dengan hadist? Berikut ini beberapa hadist yang menjelaskan tentang salam.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

يُسَلِّمُ الصَّغِيرُ عَلَى الْكَبِيرِ ، وَالْمَارُّ عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

Artinya:

Yang muda hendaklah memberi salam pada yang tua. Yang berjalan (lewat) hendaklah memberi salam kepada  orang yang duduk. Yang sedikit hendaklah memberi salam pada orang yang lebih banyak.” (HR. Bukhari no. 6231)

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwasanya ada seseorang yang bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ « تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ »

Artinya:

Amalan Islam apa yang paling baik?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali. ” (HR. Bukhari no. 6236).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِى ، وَالْمَاشِى عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

Artinya:

Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam pada orang yang berjalan. Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk. Rombongan yang sedikit memberi salam kepada rombongan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6233 dan Muslim no 2160)

Dari ‘Amar bin Yasir, beliau mengatakan,

ثَلاَثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الإِيمَانَ الإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَبَذْلُ السَّلاَمِ لِلْعَالَمِ ، وَالإِنْفَاقُ مِنَ الإِقْتَارِ

Artinya:

Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya: [1] bersikap adil pada diri sendiri, [2] mengucapkan salam pada setiap orang, dan [3] berinfak ketika kondisi pas-pasan. (Diriwayatkan oleh Bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad. Syaikh Al Albani dalam Al Iman mengatakan bahwa hadits ini shohih)

 لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

Artinya:

Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Adab Mengucapkan Asslamualaikum

Untuk menyempurnakan salam yang Kita ucapkan, berikut ini adalah adab-adab dalam mengucapkan salam atau Assalamualaikum.

  • Sebaiknya berikan salam dengan sempurna.
  • Beri salam terlebih dahulu.
  • Balas salam dengan baik.
  • Hendaknya ulangi salam ketika berjumpa lagi.
  • Jangan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada Yahudi dan Nasrani.

Lalu bagaimana mengucapkan salam kepada Non Muslim? Para ulama sudah sepakat tentang larangan mengucapkan salam kepada Non Muslim. Namun apabila mereka mengucapkan salam duluan, maka kita harus membalas dengan kalimat wa’alaikum. Hal ini sebagaimana dalam hadits.

 إِذَا سَلَّمَ عَلَيْكُمْ أَهْلُ الْكِتَابِ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ

Artinya:

Apabila ahlul kitab (Non Muslim) mengucapkan salam kepada kalian, maka balaslah dengan kalimat Wa’alaikum.

Keutamaan Kalimat Asslamualikum

Berikut ini beberapa keutamaan mengucapkan salam yang begitu besar.

  • Apabila Kita mengucapkan salam kepada seseorang lantas dia tidak menjawabnya, maka Malaikat akan menjawab salam tersebut.
  • Salah satu Asmaul Husna adalah As-Salam.
  • Apabila salam diucapkan kepada sekelompok orang, maka Kita akan mempunyai satu deratas di atas mereka.

Makna Tulisan Assalamualaikum

Berikut ini beberapa makna yang terkandung dalam salam yakni Assalamualaikum yang bisa kamu ketahui.

1. Perintah Nabi

Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya agar selalu mengucapkan Assalamualaikum kepada sesama umat muslim. Selain itu, pada hadist tersebut juga Kita diperintahkan untuk menyambung tali silaturahmi dan shalat ketika manusia tidur malam.

2. Bentuk Saling Mencintai

Orang yang memberikan salam berarti telah mencintai dan mendoakan orang lain dalam mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

"Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar Assalamualaikum antar sesama muslim."

3. Memberi Rasa Aman

Meskipun tidak secara langsung, seseorang yang memberikan ucapan salam sebenarnya telah memberikan janji, bahwa kalian aman dari hal-hal negatif, baik lisan, fisik, maupun perlakuan.

4. Bentuk Bergantung Diri Pada Allah SWT

Makna yang terkandung pada kalimat Assalamualaikum adalah Kita berserah diri kepada Allah yang Maha Esa bahwa yang memberikan keselamatan dunia dan akhirat adalah Allah SWT.

Akhir Kata

Itulah Tulisan Arab Assalamualaikum Lengkap, Latin, dan Artinya yang telah dibagikan di atas. Tunggu apalagi, silahkan salin tulisan arab Assalamualaikum di atas yang ada beberapa mulai dari versi singkat hingga versi panjang, ada semuanya. 

0 Response to "Tulisan Arab Assalamualaikum Lengkap, Latin, dan Artinya (Tinggal Salin!)"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel