Iklan Dibawah Header

Cara Menggunakan WPS Office Untuk Pemula (+Gambar)

Konten [Tampil]
Cara Menggunakan WPS Office

Cara Menggunakan WPS Office Untuk Pemula (+Gambar) - Dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih ini, bermunculan aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan Kita hanya menggunakan smartphone.

Bagi yang saat ini menjadi seorang tenaga adminstrasi atau pun mahasiswa, membuat sebuah dokumen biasanya dilakukan dengan menggunakan Microsoft Office di PC. Tapi berkat kemajuan teknologi, Kita bisa membuat dokumen dengan mengetik di WPS Office.

Dengan bantuan aplikasi yang satu ini, Kita bisa bebas secara mobile mengetik di WPS Office dengan sangat mudah. Kita dapat membuat dan membuat berbagai macam jenis dokumen di WPS Office mulai dari DOC, PPT, XLS, PDF, dan lain-lain.

Kita bisa menulis di WPS Office yang ditunjang dengan berbagai macam fitur atau opsi untuk mengedit dokumen sedemikian rupa layaknya Microsoft Office di PC. Cukup dengan menggunakan smartphone, Kita bisa mengetik dokumen Kita sendiri di WPS Office.

WPS Office memang bisa memudahkan pekerjaan Kita dengan adanya fitur reading yang bisa di scrool ke atas bawah, dapa di-zoom, bisa convert file ke PDF, dan sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga sangat ringan sehingga tidak akan membebani RAM dan CPU HP kamu.

Nah, kali ini MediaRale akan memberikan tutorial Cara Menggunakan WPS Office Untuk Pemula. Jadi buat kamu yang baru install aplikasi ini tapi belum tau cara menggunakan nya, maka silahkan ikuti langkah-langkah di bawah.

Apa Itu WPS Office

WPS Office adalah aplikasi perkantoran yang memiliki komponen, yakni WPS Writer, WPS Spreadsheet, dan WPS Presentation. Ketiga hal tersebut bisa Kita lakukan hanya di HP menggunakan aplikasi WPS Office.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran yang tidak memiliki laptop/PC. WPS Office tampilan nya sangat familiar seperti dengan Microsoft Office sehingga tidak perlu bingung jika kamu sebelumnya masih menggunakan Microsoft Office.

Dengan adanya WPS Office, Kini Kita bisa membuat berbagai macam jenis dokumen, mulai dari DOC, PPT, XLS, PDF, dan TXT hanya di HP Kita. Tentu ini sangat membantu bagi yang tidak memiliki laptop atau PC untuk mengoperasikan Microsoft Office.

Selain untuk membuat dokumen, WPS Office juga bisa Kita gunakan hanya sekedar membuka dokumen yang sudah jadi. Misalnya ada dokumen dari Bos atau Dosen yang ingin Kita baca. Dengan WPS Office, aktifitas ini bisa lebih praktis Kita lakukan.

Karena ada di perangkat mobile, tentu saja WPS Office memiliki tampilan UI yang jauh berbeda dengan Microsoft Office di PC. Terutama pada tab-tab yang berisi ribbon-ribbon serta opsi untuk mengedit dokumen yang Kita buat.

Cara Menggunakan WPS Office (Membuat Dokumen Baru)

Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara membuat sebuah dokumen baru atau catatan kosong. Caranya sangatlah mudah, untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial nya di bawah ini.

1. Buka Aplikasi WPS Office
WPS Office

Langkah pertama yang tentu saja harus kamu lakukan ialah membuka aplikasi WPS Office di HP kamu. Jika belum memiliki aplikasinya, silahkan install terlebih dahulu di Google Play Store atau pun di App Store secara gratis.

2. Buat Dokumen Baru
Cara Menggunakan WPS Office

Jika sudah ada aplikasinya, silahkan buka aplikasi WPS Office. Kemudian silahkan buat dokumen baru yang nantinya akan digunakan untuk mengetik atau menulis di WPS Office. Caranya, silahkan tap ikon (+) di pojok kanan bawah pada menu beranda aplikasi WPS Office.

3. Pilih Jenis Dokumen
Cara Menggunakan WPS Office

Masih di proses pembuatan dokumen baru. Nah, akan muncul pilihan jenis dokumen yang akan Kita buat. Bagi yang memang hanya ingin mengetik di lembar kosong, maka silahkan pilih DOC. Beda lagi jika ingin membuat presentasi (PPT), mengolah data (XLS), atau pun membuat PDF.

Setelah memilih dokumen DOC, maka selanjutnya pilih halaman Kosong. Sebenarnya ada juga pilihan berbagai macam template yang bisa dipilih.

4. Mulai Mengetik
Cara Menggunakan WPS Office

Setelah memilih jenis dokumen DOC, maka Kita akan masuk menu lembar kerja utama di WPS Office. Bisa dilihat pada dokumen yang masih kosong yang selanjutnya kamu bisa mulai mengetik yang kamu inginkan. Kamu bisa membuat catatan biasa, makalah, proposal, surat, laporan, bahkan skripsi.

5. Pahami Fitur-Fitur WPS Office
Cara Menggunakan WPS Office

Bagi yang ingin tidak hanya sekedar mengetik, maka kamu bisa menggunakan kotak alat yang di dalamnya terdapat banyak sekali fitur yang bisa Kita gunakan untuk mengedit dokumen Kita lebih lanjut.

Silahkan tap ikon kotak-kotak di pojok kiri bawah. Nah, akan muncul beberapa Tab mulai dari Lihat, Sisipkan, dan lain-lain. Pada tab-tab tersebut terdapat fitur-fitur yang bisa membantu Kita untuk mengedit dan menambahkan sesuatu ke tulisan Kita.

6. Simpan Dokumen
Cara Menggunakan WPS Office

Jika tulisan atau dokumen yang Kita buat dirasa sudah selesai, maka langkah selanjutnya tinggal menyimpan dokumen WPS office tersebut. Tujuannya tak lain supaya dokumen tersebut dapat dibuka di lain waktu dan juga bisa dibagikan ke orang lain.

Caranya, silahkan tap ikon Save/Simpan pada pojok kiri atas. Kemudian atur lokasi penyimpanan supaya tersimpan di penyimpanan HP Kita. Atur juga nama dokumen jika diperlukan. Lalu atur juga format dokumen menjadi DOC atau sesuai keinginan. Jika sudah, silahkan tap Simpan.

Cara Membuka & Mengedit Dokumen di WPS Office

Bagi yang hanya ingin membuat sebuah dokumen untuk dibaca, maka caranya jauh lebih mudah. Kamu hanya perlu mencari dan membuka dokumen yang ingin kamu buka. Kemudian akan muncul pop up pemilihan aplikasi untuk membuka. Nah, silahkan pilih WPS Office.

Dengan menggunakan aplikasi WPS Office, Kita bisa membuka berbagai jenis dokumen. Mulai dari TXT, DOC, XLS, PPT, PDF, dan lain-lain. DOC merupkan format word, XLS format spreadsheet (Excel), dan PPT format presentation (Powerpoint).

Nah, jika kamu ingin mengedit dokumen tersebut, misalnya ingin menambahkan kalimat, dan sebagainya, maka silahkan tap Edit di pojok kiri atas. Setelah itu silahkan tambahkan kata-kata atau angka-angka pada dokumen.

Jika ingin mengedit teks, cukup blok teks yang diinginkan lalu atur gaya teks, misalnya tebal, miring, dan sebagainya.

Kemudian ada juga kotak alat yakni ikon kotak-kotak di pojok kiri bawah. Di sana terdapat banyak sekali fitur dan opsi yang bisa Kita gunakan untuk mengedit dokumen. Silahkan cek dan coba satu persatu untuk mengetahui fungsinya.

Cara Menggunakan WPS Office (Tutorial Dasar)

Berikut ini ada beberapa tutorial dasar yang mungkin kamu butuhkan, mulai dari menambahkan gambar, menambahkan tanda tangan, menambahkan tabel, hingga cara menyimpan dokumen yang sudah Kita buat.

Silahkan baca yang kamu butuhkan : 

Akhir kata

Itulah tutorial Cara Menggunakan WPS Office Untuk Pemula yang telah dijelaskan di atas. Jika kamu ingin tutorial yang lebih khusus yang tidak ada di atas, silahkan cari tutorialnya di internet. Sudah cukup banyak blog yang membahas seputar aplikasi WPS Office.

0 Response to "Cara Menggunakan WPS Office Untuk Pemula (+Gambar)"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel