Iklan Dibawah Header

Cara Mengatasi Ekspor Lama, Macet, dan Gagal di Alight Motion

Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Ekspor Lama, Macet, dan Gagal di Alight Motion

Cara Mengatasi Ekspor Lama, Macet, dan Gagal di Alight Motion - Alight Motion adalah aplikasi edit video yang dapat Kita gunakan di perangkat mobile entah itu Android maupun iOS. Aplikasinya dapat Kita dapatkan secara gratis di Play Store dan App Store.

Aplikasi Alight Motion menawarkan animasi berkualitas, motion graphic, visual effect, pengeditan video dan musik, pengomposisian video, transisi beragam, dan masih banyak lagi. Ada banyak sekali fitur dan efek serta penyesuaian yang tidak  ungkin didapatkan di aplikasi edit video lain di smartphone.

Tak hanya itu, Kita juga dapat melakukan ekspor video dengan kualitas bagus di Alight Motion. Saat ini Alight Motion mampu melakukan ekspor video dengan resolusi 2160p (4K) dan frame rate 60 FPS. Tentunya kualitas ekspor ini dapat dirasakan tergantung dari spesfikasi HP kamu.

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia editing video, pasti sudah paham mengenai aplikasi atau software edit video dapat berjalan dengan lancar jika spesifikasi perangkat yang digunakan juga bagus. Jika perangkat "kentang" maka dapat dipastikan Kita akan sering menemukan masalah.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh para pengguna Alight Motion terutama saat proses ekspor atau menyimpan video adalah ekspor lama, macet, hingga gagal di Alight Motion. Tentu hal ini adalah permasalahan serius karena menjadi proses akhir sebelum video yang diedit dapat digunakan.

Oleh sebab itu, kali ini Mediarale.com akan membahas Cara Mengatasi Ekspor Lama, Macet, dan Gagal di Alight Motion. Jadi buat kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, maka bisa simak penjelasan atau cara mengatasinya di bawah ya!

Penyebab Ekspor Lama/Macet/Gagal di Alight Motion

Tentu saja ada penyebab terjadinya ekspor lama, macet, dan gagal di Alight Motion. Sebenarnya setelah mengetahui apa penyebab dari terjadinya masalah tersebut, maka Kita sudah tau cara mengatasinya. Berikut ini beberapa penyebab utama terjadinya ekspor lama, macet, dan gagal di Alight Motion.

1. Spesifikasi HP Rendah (Kentang)

Tak usah jauh-jauh, penyebab sebuah aplikasi atau software editing sulit dijalankan adalah karena spesifikasi perangkat entah itu HP, laptop, atau PC yang digunakan. Perangkat akan berjalan lebih ekstra pada saat menjalankan program-program aplikasi Alight Motion.

Salah satunya aialah pada saat melakukan rendering atau mengekspor video yang telah Kita edit di Alight Motion. Jadi jika memang dirasa HP kamu memliki spesifikasi rendah, maka harap maklumi saja masalah ini terjadi.

Proses ekspor lama, macet, hingga gagal di Alight Motion merupakan hal lumrah dan tidak hanya kamu yang merasakannya. Tapi hampir seluruh orang yang memiliki HP ketang lalu melakukan ekspor di Alight Motion akan merasakan ekspor lama bahkan gagal.

2. Kualitas Terlalu Tinggi

Sebenanrnya penyebab proses ekspor video lama, macet, dan gagal di Alight Motion yang menggunakan HP spek rendah adalah karena kualitas video yang terlalu tinggi. Karena kualitas yang tinggi tersebut, Hp akan bekerja lebih ekstra untuk melakukan ekspor video.

Kualitas yang dimaksud di sini adalah Resolusi, Frame rate, dan Laju Bit yang tinggi untuk ukuran HP spek rendah. Jadi jika kamu mengerti akan hal ini, maka sebaiknya kamu turunkan ketiga kualitas video tersebut sampai ekspor video menjadi lancar dan lebih cepat dari biasanya.

Selain itu, ukuran video yang diekspor juga akan jauh berkurang jika Kita atur. Namun kekurangannya adalah kualitas video yang akan buruk sehingga tidak bisa dinikmati terutama video yang membutuhkan grafis yang bagus. Tapi jika tidak dibutuhkan kualitas yang terlalu bagus, maka silahkan kurangi.

3. Editan Terlalu Banyak & Rumit

Kualitas ekspor video yang terlalu tinggi hingga editan yang terlalu banyak atau rumit akan semakin menambah beban perangkat saat proses ekspor. Kedua hal tersebutlah yang membuat proses ekspor di Alight Motion menjadi lama, macet, dan gagal.

Editan terlalu banyak dan rumit yang dimaksud di sini adalah banyaknya media, audio, efek, blending opacity, keyframe, serta penyesuaian yang terlalu banyak.

Cara Mengatasi Ekspor Lama/Macet/Gagal di Alight Motion

Setelah mengetahui penyebab masalah ini di penjelasan di atas, sebenarnya sampai di sini kamu sudah tau cara mengatasinya. Bagi kamu yang butuh tutorial lebih lengkapnya, berikut ini Cara Mengatasi Ekspor Lama/Macet/Gagal di Alight Motio:

  1. Pertama-tama, masuk ke aplikasi Alight Motion kamu.
  2. Kemudian tap ikon garis tiga di pojok kiri atas.
  3. Selanjutnya tap Tentang.
  4. Lalu tap ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  5. Pilih Mengevaluasi Performa Codec Video.
  6. Selanjutnya prosesnya akan berjalan, tunggu sampai selesai.
  7. Tap lagi ikon titik tiga di pojok kanan atas. Lalu pilih Evaluasi Hasil Codec Video.
  8. Kita dapat melihat Max Resolution, misalnya max 1080p.
  9. Berarti Kita dapat melakukan ekspor 1080p tapi akan lama jika kualitas ekspor video yang terlalu tinggi hingga editan yang terlalu banyak atau rumit, maka langkah selanjutnya, kamu mengurangi kualitas video.
  10. Masuk ke project video yang ingin dieskpor.
  11. Tap ikon geirigi di pojok kanan atas.
  12. Pada bagian resolusi pilih 720p. Frame rate pilih 30 FPS. Bahkan lebih rendah.
    Cara Mengatasi Ekspor Lama, Macet, dan Gagal di Alight Motion
  13. Untuk menyimpan, tap ikon panah di pojok kanan atas.
  14. Pada bagian Video, silahkan tap tanda panah untuk melakukan penyesuaian.
    Cara Mengatasi Ekspor Lama, Macet, dan Gagal di Alight Motion
  15. Pada bagian Resolusi Video, pilih 720p.
  16. Pada bagian Frame Rate, pilih Berkurang.
  17. Pada bagian kualitas, atur ke tengah.
  18. Jika sudah silahkan Ekspor.
  19. Selesai.

Akhir Kata

Itulah Cara Mengatasi Ekspor Lama, Macet, dan Gagal di Alight Motion. Jika proses ekpor masih muncul masalah, cobalah untuk menurunkan lagi kualitas ekspor video menjadi lebih rendah dari sebelumnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel