Iklan Dibawah Header

Cara Menggunakan (Import) Template/Preset CapCut

Konten [Tampil]
cara menggunakan template capcut

Cara Menggunakan (Import) Template/Preset CapCut - Capcut merupakan aplikasi edit video yang dapat Kita gunakan di smartphone. Saat ini CapCut sudah menjadi salah satu aplikasi edit video terbaik dan paling banyak digunakan di smartphone.

Hal ini karena CapCut memiliki banyak sekali fitur yang sangat dibutuhkan dalam pengeditan video. Selain itu, CapCut juga menyediakan banyak sekali asset seperti efek dan filter yang menjadi daya tarik aplikasi yang satu ini. Salah satu fitur yang akan Kita bahas kali ini adalah fitur Template.

Singkatnya, template di CapCut memungkinkan Kita tidak perlu lagi mengedit video dari awal dengan gaya tertentu. Misalnya jika Kita ingin membuat video jedag-jedug, maka Kita tinggal menggunakan template jedag-jedug CapCut.

Nantinya Kita tinggal mengganti semua komponen media pada template tersebut dengan media (foto atau video) milik Kita sehingga dapat langsung mendapat efek jedag-jedug tanpa harus mengedit nya dari awal.

Jika di Alight Motion disebut Preset, maka di CapCut disebut Template. Saat ini Kita bebas menggunakan template yang ada karena saat ini sudah banyak kreator yang membagikan template menarik yang mereka buat.

Nah, kali ini Mediarale akan membagikan tutorial Cara Menggunakan (Import) Template/Preset CapCut. Jadi, buat kamu yang belum tau cara pakai template CapCut, maka kamu bisa mengikuti penjelasan atau langkah-langkahnya di bawah.

Kelebihan Aplikasi CapCut

CapCut saat ini telah menjadi salah satu aplikasi edit video terbaik yang ada di HP atau perangkat mobile. Hal tersebut tentu saja karena memang CapCut memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi edit video di lain di HP. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ada di CapCut khususnya dalam hal editing.

1. Edit Video

CapCut memiliki banyak sekali fitur yang sangat dibutuhkan dalam proses editing video Kita. Kita dapat menambahkan video, audio, teks, stiker, overlay, filter, efek, dan masih banyak lagi. Kita juga dapat melakukan penyesuaian pada komponen-komponen yang ditambahkan.

Tak hanya itu, CapCut juga menyediakan berbagai macam asset mulai Efek, FIlter, dan Stiker yang sangat banyak sehingga Kita bebas memilihnya untuk ditambahkan ke video Kita. Kita hanya perlu terhubung ke internet untuk mengunduh dan menggunakan asset-asset tersebut.

2. Template

Kelebihan yang juga dimiliki aplikasi CapCut ialah adanya fitur Template. Dengan begini, Kita tidak perlu lagi mengedit suatu video dengan gaya tertentu dari awal. Kita hanya tingga memasukkan media milik Kita pada template CapCut tersebut.

Misalnya ingin membuat video jedag-jedug, Kita hanya tingga menggunakan template jedag-jedug CapCut lalu mengganti seluruh media nya tanpa harus edit efek jedag-jedug nya. Jadi bisa langsung ekspor, deh!

3. Lebih Ringan

CapCut juga bisa dibilang ringan karena meskipun memiliki banyak fitur, aplikasi ini tetap ringan tanpa lag. Jadi buat kamu yang bermasalah saat menggunaka Alight Motion, maka dapat mencoba Capcut untuk edit video.

4. Nonton Video

Layaknya TikTok, di aplikasi CapCut juga Kita dapa menonton video-video pendek. Ada banyak sekali video yang dapat Kita tonton yang disertai dengan template nya. Meskipun tidak se-asik TikTok, tapi kamu dapat melihat video hasil editan CapCut di situ.

5. Mudah Digunakan

Aplikasi CapCut juga bisa dibilang user friendly. Hal ini karena aplikasi nya sangat mudah untuk digunakan sehingga sangat ramah untuk pemula yang baru belajar edit video. Fitur-fitur yang disediakan tursusun rapi sehingga yang sudah paham edit video sedikit ataupun yang sudah pro pasti akan langsung paham.

Cara Mendapatkan/Download Template CapCut

Saat ini sudah banyak sekali template CapCut sudah dibuat dan dibagikan. Berikut ini cara mendapatkan template CapCut dengan mudah bagi kamu yang belum mendapatkan nya.

Lewat YouTube (LinkTemplate)

Ada banyak sekali konten kreator di Youtube yang membagikan banyak template di video mereka. Dengan melakukan pencarian kata kunci "template CapCut" di Youtube, maka kamu dapat menemukan banyak video yang membagikan template CapCut.

Template CapCut yang dibagikan berupa Link yang apabila di klik, maka Kita akan dialihkan langsung ke aplikasi CapCut untuk didownload sebelum nantinya digunakan. Silahkan kamu cari jenis template yang kemu inginkan dan sukai untuk digunakan.

Lewat Aplikasi CapCut Langsung

Selain dibagikan di Youtube, aplikasi CapCut juga memfasilitiasi penggunanya dengan banyak sekali template di dalam aplikasinya langsung. CapCut menyediakan fitur untuk pengunna meng-upload video + template mereka.

Nantinya Kita dapat mendapatkan nya di menu Templat lalu dapat menonton video yang disertai dengan tombol Pakai Template langsung. Jadi jika kamu menyukai template yang tiampilkan preview nya langsung, maka bisa langsung menggunakan nya.

Cara Menggunakan Template CapCut

Mengetahui fungsinya yang sangat membantu, pasti Kita yang ingin edit video akan sangat tertarik untuk menggunakan template CapCut yang saat ini sudah tersebar dimana-mana. Bagi kamu yang saat ini memiliki aplikasi CapCut untuk mengedit video, maka bisa ikuti cara menggunakan nya.

Untuk menggunakan template CapCut, sebenarnya sangatlah mudah. Jauh lebih mudah dibanding preset Alight Motion. Kita nantinya langsung disuruh untuk mengganti semua komponen template dengan template milik Kita.

Tanpa banyak basa-basi, berikut ini cara menggunakan template CapCut:

  1. Jika kamu mencari template di Youtube dan sebagainya, maka silahkan klik link template nya. Nantinya akan dialihkan untuk download template dan digunakan.
  2. Jika kamu mencari template di aplikasi CapCut langsung, maka silahkan klik Gunakan Template pada video. Nantinya akan dialihkan untuk download template dan digunakan.
  3. Kemudian Kita akan masuk ke menu ganti klip.
  4. Silahkan pilih foto atau video kamu sesuai dengan template.
    cara menggunakan template capcut
  5. Untuk melihat hasilnya, silahkan klik Pratinjau.
  6. Silahkan putar.
    cara menggunakan template capcut
  7. Jika sudah puas, maka tinggal ekspor/simpan, deh.
  8. Selesai.

Bagaimana? Mudah sekali, bukan? Pastikan kamu memasukkan klip-klip yang sesuai dengan template. Misalnya klip 1, maka masukkan foto atau video yang cocok untuk berada di klip 1 tersebut.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Watermark/Tulisan di Template CapCut Pada Pojok Kanan Atas

Fitur-fitur Aplikasi CapCut

CapCut Merupakan aplikasi edit video saat ini menjadi salah satu yang banyak digunakan khususnya bagi pengguna smartphone. Hal tersebut tentu saja karena memang CapCut menyediakan banyak sekali fitur untuk ukuran aplikasi edit video di HP. Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada di CapCut khususnya dalam hal editing.

1. Edit Video

Pertama, tentu saja fitur-fitur untuk edit video. Di CapCut, Kita dapat melakukan berbagai macam perubahan pada video-video yang Kita tambahkan mulai dari memotong video, mengatur kecepatan video, mengatur volume video, memberi animasi, menghapus latar belakang video, mengatur gaya, mengekstrak audio dari video, crop video, memberi filter, melakukan penyesuaian, dan masih banyak lagi, deh pokoknya.

2. Audio

Selain fitur untuk mengedit video, tentu aplikasi edit video umumnya memiliki fitur audio yang memungkinkan Kita menambahkan audio kedalam editan video Kita. Di CapCut, Kita dapat menambahkan audio dari perangkat, memberi efek audio, hingga menambahkan audio dari rekaman suara Kita saat itu juga.

3. Teks

Selanjutnya ada juga fitur untuk menambahkan teks. Tentu di dalam suatu video, Kita sering kali menambahkan semacam teks. Nah, untungnya di capcut Kita dapat menambahkan teks lalu dapat juga diatur tampilan nya sesuka Kita.

Kita dapat mengatur tampilan teks di CapCut, mulai dari font, gaya, efek, gelembung, hingga animasi. Dengan begitu, tampilan teks yang ditambahkan akan semakin menarik.

4. Stiker

Kita juga dapat menambahkan berbagai macam stiker yang disediakan langsung oleh CapCut. Ada banyak sekali jenis stiker yang disediakan, kamu hanya perlu mencarinya berdasarkan kategori, tapi jangan lupa harus terhubung ke internet.

5. Overlay

Overlay adalah lapisan/layer berupa foto atau video yang ditambahkan di atas video utama Kita. Jadi akan akan layer yang akan dilihat juga saat media utama tampil, keduanya akan ikut tampil. Contoh penggunakan overlay adalah saat penggunaan greenscreen dan sebagainya.

6. Efek

CapCut dibuat semakin menarik dengan disediakan nya banyak sekali efek yang akan membuat video Kita semakin menarik. Ada banyak sekali efek yang dapat Kita gunakan langsung sehingga bisa membuat video dengan efek susuai yang diinginkan karena sudah disediakan.

7. Filter

Hampir sama dengan efek, filter yang ada di aplikasi CapCut juga tak kalah banyak dan beragama. Kita dapat membuat tampilan warna pada video Kita semakin menarik dengan menambahkan filter. Hal ini tentu akan membuat video Kita jadi berbeda dari aslinya.

8. Format

Format video yang dapat Kita buat di CapCut juga sangatlah beragam, mulai dari 9:16, 16:9, 1:1, 4:3, dan 2:1. 

9. Kanvas

Kanvas adalah latar belakang pada video yang Kita edit. Kita dapat menambahkan latar belakang berwarna bahkan latar-latar yang aesthetic yang sudah disediakan oleh CapCut langsung.

10. Penyesuaian

Jika kamu kurang suka dengan warna dan kecerahan pada video CapCut kamu, maka kamu dapat mengatur di menu Sesuaikan (Adjusment) tersebut. Tak hanya itu, terdapat juga penyesuaian seperti Kecerahan, Kontras, Saturasi, Cahaya, Pertajam, Sorotan, Bayangan, Suhu, Rona, Pudar, Vinyet, dan Butiran.

Akhir Kata

Itulah tutorial Cara Menggunakan (Import) Template/Preset CapCut. Mudah, bukan? Kita hanya tinggal memilih media atau klip Kita langsung untuk ditambahkan ke template tersebut. Sayangnya, Kita hanya akan diperlihatkan Pratinjau nya saja, jadi tidak bisa edit lagi meskipun sedikit.

0 Response to "Cara Menggunakan (Import) Template/Preset CapCut"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel