Iklan Dibawah Header

Cara Rekam Audio Internal Saat Rekam Layar di HP Android

Konten [Tampil]

Cara Rekam Audio Internal Saat Rekam Layar di HP Android - Merekam gameplay saat bermain game dengan rekam layar adalah hal yang sangat mudah. Jika HP tidak dibekali perekam layar sistem, maka Kita bisa menggunakan aplikasi perekam layar yang bisa Kita dapatkan di Play Store. 

Rekam Audio Internal Saat Rekam Layar

Saat merekam layar saat bermain game di HP Android, pasti kurang sreg jika audio internal tidak ikut direkam. Audio internal adalah suara yang berasal dari dalam HP, misalnya suara game. 

Namun, masalah yang pasti saat ini Anda alami adalah suara yang bisa direkam saat rekam layar hanya suara eksternal saja. Suara internal sebenarnya juga ikut terekam, namun bunyinya kresek-kresek tidak seperti suara aslinya. 

Lalu bagaimana sih cara rekam suara internal HP Android? Untuk itu, kali ini Mediarale akan memberikan turorial Cara Rekam Audio Internal Saat Rekam Layar di HP Android

Penyebab Tidak Bisa Rekam Audio Internal Saat Rekam Layar

Sesuai pengalaman penulis, saat mencoba untuk merekam suara internal, hampir semua aplikasi perekam layar yang ada di play store sudah diinstal. Namun hasilnya nihil, semua aplikasi tersebut sama sekali tidak dapat merekam audio internal dengan jernih saat bermain game. 

Setelah mencari info sana-sini, ternyata penyebab HP Android tidak bisa merekam audio internal saat rekam layar adalah karena Google sebagai induk perusahaan dari Android sengaja menghilangkan fitur rekam audio internal pada semua aplikasi rekam layar. 

Alasan Google melakukan hal ini tak lain untuk meminimalisir pelanggaran hak cipta. Semakin mudah untuk mengambil lagu copyright menjadi alasan fitur ini dihilangkan oleh Android. 

Rekam Audio Internal Saat Rekam Layar di Android 10 Keatas Kini Bisa! 

Kabar baiknya, setelah Android update menjadi Android 10, salah satu fiturnya adalah rekam audio internal. Fitur ini dimunculkan Android untuk menopang fitur live caption. 

Melihat celah tersebut, aplikasi-aplikasi rekam layar  berlomba-lomba memperbarui aplikasi Mereka dengan menambahkan fitur record audio internal.

Beberapa aplikasi rekam layar paling populer yang sudah bisa merekam audio internal, sebagai berikut:

  • Mobizen
  • AZ Screen Recorder
  • ADV Screen Recorder
  • DU Screen Recorder
  • Dan masih banyak lagi... 

Jadi, untuk bisa merekam suara internal, versi Android dari HP Anda harus Android 10 keatas. Pada saat artikel ini dibuat, Android sudah ada versi 11.

Anda bisa mengganti HP ke HP yang sudah menggunakan Android versi 10 keatas. Jika beruntung, cobalah untuk mengupdate pembaruan perangkat lunak pada HP Android Anda, siapa tahu ada update ke Android 10.

Cara Rekam Audio Internal Saat Rekam Layar di HP Android

Jika HP Anda belum Android 10 keatas, nampaknya harus mengurungkan niat untuk hal tersebut. Sebenarnya masih ada cara yang bisa dilakukan yakni HP harus Root dan menggunakan alat tertentu hingga PC. Trik ini mungkin akan dibahas pada artikel selanjutnya. 

Berikut cara rekam audio internal saat rekam layar di Android :

  1. Pastikan HP Anda sudah Android 10 keatas.
  2. Instal dan buka aplikasi Perekam Layar. Anda bisa menginstalnya di Play Store. 
  3. Masuk ke Pengaturannya. 
  4. Nah pada menu Sumber Suara, silahkan pilih Audio Internal. 
  5. Selesai. Silahkan coba rekam layar. 

Cara diatas adalah cara umum untuk merekam suara internal di HP Android Kita. Sepertinya semua aplikasi yang ada di play store sudah support rekam audio internal. 

Itulah Cara Rekam Audio Internal Saat Rekam Layar di HP Android. Kesimpulannya, HP Anda harus memiliki sistem operasi Android 10 keatas untuk bisa merekam layar dengan audio internal. Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakan fitur record audio internal yang ada di hampir seluruh aplikasi perekam layar saat ini. 

0 Response to "Cara Rekam Audio Internal Saat Rekam Layar di HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel