Iklan Dibawah Header

Cara Mengatur POCO X3 NFC ke 90Hz Tanpa Root [Terbukti Work!]

Konten [Tampil]

Cara Mengatur POCO X3 NFC ke 90Hz Tanpa Root [Terbukti Work!] - POCO X3 NFC dapat dikatakan smartphone kelas menengah yang paling direkomendasikan saat ini. Salah satu keunggulan yang dimiliki POCO X3 NFC adalah refresh rate layar 120Hz. Refresh rate 120Hz sangat jarang dimiliki smartphone lain dikelasnya.

Cara Mengatur POCO X3 NFC Menjadi 90Hz

Refresh rate layar di HP POCO X3 NFC dapat Kita atur di Pengaturan HP. Terdapat dua pilihan refresh rate yang bisa Kita pilih, yakni 60Hz dan 120Hz. Semakin tinggi refresh rate layar, maka baterai akan sedikit lebih boros. Jika ingin refresh rate yang smooth, maka pilih 12Hz. Jika ingin lebih hemat baterai maka pilih 60Hz tapi dengan refresh rate layar yang kurang smooth. 

Jadi Kita perlu layar yang lebih smooth serta baterai yang tidak terlalu boros, maka refresh rate 90Hz adalah jawabannya. Sayangnya, di POCO X3 NFC tidak terdapat pilihan 90Hz. Lalu apakah bisa POCO X3 NFC refresh rate 90Hz? Bisa!

Pada tutorial kali ini akan dijelaskan cara mengatur POCO X3 NFC ke 90Hz. Mengunci (lock) atau membuka opsi 90Hz di HP POCO X3 dapat dilakukan dengan tanpa harus root dan UBL. Tentu cara dibawah sudah terbukti work, telah dibuktikan sebagian besar pengguna POCO X3 NFC.

Apa Itu Refresh Rate Layar (Hz)

Refresh rate adalah berapa kali tampilan berkedip per detik. Jika refresh rate 60Hz berarti layar mampu berkedip 60 kali dalam skala 1 detik. 120Hz berarti layar berkedip 120 kali dalam 1 detik. Sama halnya dengan 90Hz.

Layar yang memiliki refresh rate 120Hz mampu merefresh layar  2 kali lebih cepat. Hal ini akan membuat setiap gerakan antara setiap frame akan terlihat lebih halus. Oleh karena itu, 120Hz akan membuat tampilan pada layar lebih halus (smooth).

Hadirnya fitur refresh rate 120Hz di HP POCO X3 NFC akan membuat pengalaman sangat baik saat terutama saat bermain game, menggunakan sosial media, dan melihat konten multimedia seperti foto dan video.

Tentu dengan kemampuan tampilan berkedip per detik (refresh rate) pada layar sebanyak akan menggunakan daya baterai lebih. Ingin menggunakan 60Hz, tapi masih mau layar yang lebih smooth, maka mengatur POCO X3 menjadi 90Hz adalah salah satu pilihan.

Cara Mengatur POCO X3 NFC Menjadi 90Hz

Dengan mengatur tampilan layar 90HZ di POCO X3 akan membuat tampilan layar lebih smooth serta baterai yang lebih hemat dibanding menggunakan 120Hz.

Untuk melakukan hal tersebut, Kita bisa menggunakan aplikasi bernama SetEdit (Settings Database Editor). Mau tau caranya? Dengan bantuan aplikasi SetEdit, berikut cara mengatur POCO X3 90Hz:

  1. Silahkan install aplikasi SetEdit (Settings Database Editor) DISINI (via Play Store) terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya atur refresh rate layar HP POCO X3 Anda menjadi 120Hz di Pengaturan. Caranya masuk ke Pengaturan >> Tampilan >> Refresh Rate >> pilih 120Hz.
  3. Buka aplikasi SetEdit jika sudah diinstall.
  4. Setelah masuk ke aplikasinya, pilih mode System Table pada bagian atas.
    Cara Mengatur POCO X3 NFC Menjadi 90Hz
  5. Geser kebawah lalu cari kode "user_refresh_rate".
    Cara Mengatur POCO X3 NFC Menjadi 90Hz
  6. Kemudian tap user_refresh_rate lalu pilih Edit Value.
  7. Nah, ubah 120 menjadi 90 lalu tap Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Kini Anda telah sukses nge-lock 90Hz di POCO X3 tanpa harua melakukan root. Refresh rate 90Hz akan tetap di lock meskipun HP melakukan booting. Mudah bukan?

Cara Mengecek Refresh Rate di POCO X3 NFC

Kita dapat dengan mudah mengecek informasi refresh rate pada HP POCO X3 Kita. Terdapat fitur Frame Rate Editor yang ada didalam opsi pengembang. Secara default, opsi pengembang (developer option) tersembunyi baik itu di HP POCO X3 NFC maupun HP Android lainnya. Kita terlebih dahulu harus Memunculkan Opsi Pengembang tersebut.

Berikut cara mengaktifkan opsi pengembang dan mengecek refresh rate layar di HP POCO X3:

  1. Buka pengaturan (settings) HP POCO X3 Anda.
  2. Pilih About Phone (Tentang Ponsel).
  3. Kemudian ketuk MIUI Version (For POCO) sebanyak 5X hingga 7X sampai muncul notifikasi "Anda Sudah Menjadi Pengembang"
  4. Jika sudah, silahkan masuk kembali ke Pengaturan.
  5. Pilih Pengaturan Tambahan (Additional Settings).
  6. Pilih Opsi Pengembang (Developer Options).
  7. Pilih menu Power Monitor pada menu Monitoring.
  8. Selanjutnya tap Start pada bagian Frame Rate Editor.
  9. Pada bagian sudut kiri atas layar akan muncul kotak dialog kecil yang menampilkan informasi tentang resolusi layar, resresh rate dan frame rate per second (FPS).

Tak hanya untuk HP POCO X3 NFC, aplikasi SetEdit juga bisa Kita gunakan di HP Xiaomi lain yang memiliki refresh rate 90Hz, 120Hz, 144Hz dan seteeusnya. Misalnya Redmi K30/K30S, Mi 10i 5G, Mi 11, Mi 10T/Pro/Lite, Redmi Note 9/Pro, dan sebagainya.

Itulah cara mengatur (lock) POCO X3 NFC menjadi 90Hz tanpa root, pasang Custom ROM, dan UBL. Semoga tutorial diatas berhasil Anda praktekkan pada HP POCO X3 NFC Anda. POCO X3 90Hz akan membuat pengalaman layar HP yang lebih smooth tapi dengan penggunaan baterai yang lebih irit dibanding 120Hz.

0 Response to "Cara Mengatur POCO X3 NFC ke 90Hz Tanpa Root [Terbukti Work!]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel