Iklan Dibawah Header

2 Cara Screenshot Panjang di Semua HP Android

Konten [Tampil]
2 Cara Screenshot Panjang di Semua HP Android - Screenshot panjang sangat berguna untuk mengabadikan Chat WhatsApp atau halaman web, dan sebagainya menjadi sebuah gambar. Hal ini membuat Kita tidak perlu melakukan beberapa screenshot sekaligus, tapi Kita bisa menggabungkan yang seharusnya 2 atau 3 screenshot menjadi sebuah gambar screenshot panjang.

Setiap Smartphone saat ini telah dibekali fitur Screenshot yang berguna untuk menangkap layar dan mengubahnya menjadi sebuah gambar. Fitur ini memiliki fungsi sangat penting dan memang wajib dimiliki setiap Smartphone. Tapi lain halnya dengan fitur Screenshot panjang, fitur ini masih lumayan jarang Kita temui di HP Android, kecuali ponsel-ponsel keluaran terbaru. Namun, tidak ada fitur belum tentu tidak bisa.

Masih banyak pengguna Ponsel Android yang masih kebingungan saat ingin mencoba melakukan tangkap layar atau Screenshot panjang. Padahal hal ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang tidak akan membebani perangkat Anda.
Cara Screenshot Panjang

Nah, pada artikel kali ini Mediarale akan mejelaskan cara screenshot panjang di HP Android. Cara ini bisa dilakukan di semua ponsel Android. Jika Anda memang belum tahu cara screenshot panjang di HP Android dan ingin melakukannya, Anda bisa mengikuti beberapa tutorial mudah dibawah.

Beberapa Smartphone Android saat ini memang telah dibekali dengan fitur Scrolling Screenshot atau Screenshot panjang. Jadi, Anda bisa mencoba mencari info tentang fitur tersebut. Contoh pada HP Vivo, terdapat menu S-Capture yang didalamnya terdapat fitur tangkapan layar panjang yang bisa langsung digunakan. Jika memang pada HP Anda belum terdapat fiturnya, bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah.

Untuk lebih jelasanya, Yuk simak tutorial cara screenshot panjang di HP Android dibawah. Semoga bermanfaat.

Cara Screenshot Panjang di HP Android

Untuk melakukan screenshot panjang di HP Android yang tidak memiliki fitur tersebut, maka salah satunya cara ialah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Fitur dan aplikasi screenshot panjang sebenarnya keduanya memiliki cara penggunaan yang hampir sama. Cara penggunaannya pun sangat mudah.

Aplikasi sekaligus penjelasan cara pengguanannya sebagai berikut.

1. Menggunakan LongShot
Aplikasi screenshot panjang, longshot

Cara menggunakan aplikasi ini sebelumnya telah dijelaskan di artikel sebelumnya tentang Cara Screenshot Panjang di HP Vivo. Sebagaimana yang dijelaskan diatas, HP Vivo memiliki fitur S-Capture atau Tangkapan Layar Super yang dapat melakukan screenshot panjang dengan mudah tanpa bantuan aplikasi.

LongShot sendiri adalah aplikasi screenshot panjang yang paling populer dan banyak digunakan para pengguna HP Android. Aplikasi ini dibuat khusus untuk digunakan melakukan screenshot panjang pada layar HP Kita.

Aplikasi ini hanya berukuran 6 MB saja. Jadi tidak akan membebani penyimpanan internal HP Anda. Selain itu, LongShot dapat diinstall secara gratis di Google Play Store.

Berikut cara screenshot panjang di HP Android:
  1. Terlebih dahulu silahkan install aplikasi LongShot Disini (Play Store).
  2. Jika sudah, silahkan buka aplikasinya.
  3. Pilih Speed Mode saja.
  4. Nah, untuk mulai melakukan tangkapan layar panjang, silahkan tap ikon Kamera.
    Cara screenshot panjang di android
  5. Tap Mulai Sekarang.
  6. Silahkan tentukan area yang ingin di Screenshot.
  7. Kemudian tap Mulai.
  8. Silahkan geser sampai pada akhir bagian yang ingin ditangkap layar.
  9. Jika sudah, tap Selesai.
    Cara screenshot panjang di hp android
  10. Kemudian tap Simpan.
  11. Gambar akan tersimpan di Galeri.


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Auto Scroll. Berikut cara menggunakannya:
  1. Centang Auto Scrool.
  2. Kemudian beri izin aplikasi LongShot.
  3. Silahkan tap ikon kamera untuk memulai melakukan screenshot panjang.
  4. Tentukan area dan awal bagian yang ingin di SS panjang.
  5. Tap Mulai.
  6. Nah, aplikasi akan mulai melakukan scrool secara otomatis.
  7. Untuk menghentikannya silahkan tap Garis Merah atau sesuai yang diinstruksikan aplikasi.
  8. Silahkan Simpan.

Perbedaan antara Speed Mode dan Auto Scroll adalah pada penentuan bagain yang ingin di Screenshot panjang. Jika di Speed Mode, Kita akan melakukan Scrool atau geser secara manual untuk menentukan bagian yang akan di screenshot panjang. Sedangkan Auto Scroll sebaliknya.


2. Menggunakan Screen Master
Aplikasi screenshot panjang

Selain LongShot, ada juga aplikasi bernama Screen Master yang bisa Anda coba. Tak hanya punya fitur Scrool Screenshot, tapi aplikasi ini juga dibekali dengan fitur-fitur lain yang wajib Anda coba.

Keuntungan-keuntungan:
1. Tidak perlu akses ROOT, penggunaan tak terbataskan
2. Tangkapan layar berkualitas tinggi, penghematan tanpa kehilangan, mendukungan format PNG
3. Cara tangkapan layar dan anotasi yang kaya
4. Fungsi menangkap halaman panjang, menyimpan halaman web dengan cepat dalam format gambar
5. Mendukung penyimpanan penangkapan layar ke kartu SD eksternal
6. Mendukung Android 7.0 Shortcuts dan fungsi QuickTile
7. Mendukung penangkapan layar panjang dan jahitan foto.

Selain Screenshot panjang, aplikasi Screen Master juga menyediakan fitur Screenshot dengan cara Shake. Selain itu, terdapat juga tangkapan layar Zoom atau bagian tertentu pada layar saja.
Cara screenshot panjang di hp

Tak hanya itu, terdapat fitur yang secara otomatis mengenali dan menjahit beberapa foto menjadi gambar panjang yang lengkap, Anda dapat memilih penyambungan secara horizontal atau vertikal.

Sekian tutorial cara screenshot panjang di HP Android. Caranya sangatlah mudah dengan bantuan kedua aplikasi diatas. Selain itu, aplikasi-aplikasi diatas juga memiliki ukuran yang tidak sampai 10 MB, jadi sangatlah ringan. Semoga tutorial diatas dapat mengatasi rasa ingin tahu Anda tentang cara screenshot panjang di HP.

0 Response to "2 Cara Screenshot Panjang di Semua HP Android"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel