Iklan Dibawah Header

√ 11 Tips Jitu Meningkatkan Penjualan di Marketplace Supaya Laris Manis

Konten [Tampil]
tips jualan di marketplace
√ 11 Tips Jitu Meningkatkan Penjualan di Marketplace Supaya Laris Manis - Jualan di Marketplace bukan tentang membuat membuat toko, Upluad Barang/Produk, lalu banyak yang beli. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar Produk yang Kita jual bisa laris manis. Pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa tips jualan di Marketplace agar  bisa laris manis sesuai yang dicita-citakan. Beberapa tips dibawah semoga dapat membantu meningkatkan penjualan di marketplace

Bagi Anda yang jualan secara Online, maka Anda bisa mencoba berjualan di Marketplace. Di Indonsia, terdapat Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan sebagainya. Marketplace-marketplace tersebut adalah yang paling terkenal di Indonesia. Selain memiliki pengguna atau Traffing yang sangat banyak, untuk berjualan disana pun tidak perlu mengeluarkan biaya.

Kerena begitu menjanjikannya jualan di Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, ataupun OLX, ada banyak sekali  pebisnis kecil atau Brand besar yang menjual barang/produk nya disana. Anda harus bisa bersaing dengan para penjual yang jualannya sama dengan Anda.

Setiap Platform atau Marketplace memiliki Ciri Khas masing-masing. Contoh, pada OLX lebih ke penjualan barang-barang bekas atau Antik. Shopee penggunanya kebanyakan adalah kaum perempuan. Sebagai penjual. kita harus pintat dalam mensiasati semua ini. Ada beberapa Tips jualan di Marketplace yang mungkin bisa Anda coba yang sudah dipaparkan dibawah. Semoga dapat membantu meningkatkan penjualan di marketplace.

Tips Jitu Meningkatkan ualan di Marketplace

Berikut adalah beberapa tips atau strategi jualan di Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, maupun OLX. Jangan lupa sediakan teman membaca yakni Minuman dan Cemilan.

Lengkapi Profil Toko

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah melengkapi informasi-informasi tentang Toko Anda. Beberapa hal tentang profil toko yang harus dilengkapi adalah:
  • Foto profil toko, buat logo/brand seunik mungkin. Display Picuture tersebut akan menjadi ciri khas toko yang akan diingat oleh para pembeli nantinya.
  • Deskripsi Toko, cantumkan deskripsi yang mewakili keseluruhan tentang toko Anda dan apa saja yang dijual disana.
  • Jam Operasional

Jika Profil Toko lebih lengkap, maka para pembeli akan melihat Toko Anda lebih Profesional sehingga menarik minat para pembeli dan tidak ragu-ragu.

Pilih Nama Toko yang Unik

Di Marketplace, terdapat banyak sekali toko yang mungkin menjadi saingan Anda. Buatlah nama toko yang Unik daripada yang lain, mudah diingat, dan nama toko tidak boleh berbanding terbalik dengan apa yang Anda jual. Contoh, nama toko Anda adalah "Putri Cosmetics" tapi yang Anda jual bukan tentang Kosmetik.

Foto Produk Asli

Foto produk yang Anda cantumkan harus sesuai dengan apa yang Anda jual. Setiap pembeli tentu akan melihat Foto produk yang ditampilkan sebelum melakukan pembelian. Sebaiknya gunakan foto asli produk Anda. Jangan sampai pembeli protes karena barang yang Dia beli tidak sesuai dengan foto produk di toko. Hal ini akan berimbas pada Rating atau kepercayaan terhadap toko Anda akan turun.

Deksripsi Produk Menarik

Tips ini hampir mirip dengan menampilkan foto produk asli diatas. Deskripsi Produk harus sesuai dengan produk yang Ada jual. Contoh, mencantmkan deskripsi tentang kelebihan produk yang sebenarnya bohong. Jadi, cantumkan kelebihan yang benar dan sesuai dengan produk yang dijual.

Selin itu, jangan lupa buat Deskripsi Produk semenarik dan se-Informatif mungkin sehingga menari para pengguna/pembeli di Marketplace tertarik untuk membeli.

Baca Juga11 Marketplace Terbaik & Populer di Indonesia

Sabar dan Layani Pelanggan dengan Baik

Sebelum melakukan Pemesanan, hal umum yang dilakukan pembeli biasanya adalah bertanya tentang produk yang dijual. Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda. Cobala untuk bersabar dalam menjawab pertanyaan yang diajukan pembeli.

Apalagi jika menjawab Chat pembeli dengan lambat, hal ini akan membuat pembeli kabur dan membeli di toko lain. Selain itu, beberapa Platform atau Marketplace juga punya fitur yang menampilkan Presentasi cepatnya waktu Chat dibalas. Jadi layanai chat pelanggan dengan baik.

Buat Toko di Semua Marketplace

Nah, jika Anda ingin produk/barang Anda laris manis, maka kenapa tidak mencoba membuat Toko di semua Marketplace. Presentasi jualan produk Anda tentu akan sering dilihat jika di posting beberapa Marketplace sekaligus. Marketplace adalah tempat jualan untuk bisnis online yang sangat menjanjikan. Selama itu gratis, kenapa tidak.

Harga Bersaing

Tipa jualan di Marketplace berikutnya adalah menentukan harga produk yang bersaing. Tentukan harga produk Anda terjangkau dan tidak terkesan mahal atau sesuai dengan harga di pasaran. Jika bisa, buat harga semurah mungkin tapi tetap untung untuk menarik pembeli dan menaikkan Rating.

Jasa Pengiriman yang Bervariasi

Berjualan secara Offline tentu berbeda dengan jualan Online, Apalagi di Marketplace. Setiap pembeli akan dikirimi produk-produk yang Dia beli menggunakan Jasa Pengiriman barang ataupun Anda yang mengirimnya secara langsung. Harga jasa pengiriman biasanya berbeda satu sama lain. Jadi pilihlah jasa pengiriman yang beraga.

Buat Promo

Tips jualan di Marketplace ini akan menarik Pembeli/Konsumen. Yap, Buat Promo! Siapa yang tidak tertarik dengan promo, diskon ataupun Cashack. Contoh, buat promo "Beli 5 gratis 1" atau promo Gratis Ongkir. Hal ini sangat mempengaruji konsumen untuk melakukan pemesanan.

Gunakan Fitur-Fitur Marketplace

Platform Marketplace Online tentu akan memanjakan para penjual atau pemiliki toko dengan fitur-fitur yang sangat mebantu mempromosikan dan meningkatkan penjualan pada toko Kita. 

Setiap Marketplace pasti memiliki fiturnya masing-masing. Contoh, fitur Super Seller di Bukalapak yang akan membuat banyak manfaat seperti tampil di Halamn Utama. Tapi perhatikan ketentuan-ketentuannya sebelum melakukan Upgrade.

Junjung Tinggi Kejujuran

Menjungjung tinggi kejujuran akan membuat kepercayaan pembeli kepada toko Anda akan naik. Meskipun harga produk yang sama dengan produk Anda di toko-toko memiliki harga yang lebih murah, tetapi presentasi orang lebih memilih membeli di Anda meskipun kalah harga.

Karena tidak ingin ditipu, biasanya pembeli akan memilih toko yang memiliki Rating tinggi dan yang jujur. Jika orang membeli produk/barang di Toko Anda menjadi puas, maka besar kemungkinana Dia akan merekomendasikan Toko atau produk Anda ke orang lain.

Itulah 11 tips julan di Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, OLX, Facebook, dan sebagainya. Semoga beberapa Tips diatas akan meningkatkan penjualan Anda di marketplace.   Semoga bisa bermanfaat bagi Anda terutama Semoga dapat membantu meningkatkan penjualan di marketplace. Semoga Toko dan produk yang Anda jual terus meningkat penjualannya dan bisa sukses berjualan secara Online via Marketplace.

0 Response to "√ 11 Tips Jitu Meningkatkan Penjualan di Marketplace Supaya Laris Manis"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel