Iklan Dibawah Header

√ 5 Tips Memperkuat Branding di Marketplace Agar Toko Mudah Diingat

Konten [Tampil]
tips branding di marketplace
√ 5 Tips Memperkuat Branding di Marketplace Agar Toko Mudah Diingat - Salah satu tempat yang sangat potensial untuk menjual dan membuat Toko Online ialah menggunakan Marketplace. Setelah bergabung dengan marketplace dan membuat Toko Online, langkah selanjutnya adalah melakukan Branding.

Branding adalah upaya yang dilakukan untuk membuat orang lain atau konsumen dapat mengingat Brand Kita. Kesadaran akan Branding masih sangat minim terutama bagi orang baru di Bisnis Online. Apalagi jika Anda membuat lapak di marketplace-marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Selain Agar lapak atau toko Online Kita mudah diingat, melakukan Branding juga akan membuat identitas dari lapak Kita menjadi jelas. Diperlukan Strategi branding agar lapak Kita mudah diingat oleh orang lain. Toko Kita di marketplace akan lebih berciri khas dibanding saingan-saingan Anda yang tidak melakukan Branding.

Pada artikel kali ini akan diberikan beberapa Tips Melakukan Branding di Marketplace agar Toko Kita lebih mudah diingat dan berciri khas. Yuk, simak penjelasannya.

Tips Branding di Marketplace 

Melakukan branding di Marketplace sebenarnya tidak terlalu sulit, Kita hanya perlu melakukan beberapa hal agar lapak Kita lebih menarik dan muda diingat. Berikut beberapa tips dan strategi branding di Marketplace agar lapak lebih mudah diingat yang bisa Anda coba lakukan.

Buat Logo yang Unik

Setiap Toko yang dibuat akan diberikan Opsi untuk menambahkan Display Picture atau Foto Profil Toko. Jangan menganggap remeh akan hal ini. Seluruh perusahaan besar masing-masing memiliki logo brandnya masing-masing. Logo yang Kita buat harus Unik dan memiliki konsep seperti dapat didiskripsikan sesuai produk dagangan, mudah diingat, warna yang indah dan jangan menjiplak logo orang lain.

Contoh jika Kita melihat Logo Apple pada iPhone, tentu Kita akan tahu bahwa produk tersebut merupakan buatan perusahaan Apple. Sama halnya dengan logo pada toko online di Marketplace, para pembeli akan mengingat bahwa logo tersebut merupakan logo dari Toko Anda.

Anda bisa mendesain logo toko Anda sendiri atau menggunakan jasa pembuatan logo yang tidak Gratis tentunya. Jika ingin mendesain sendiri, maka Anda bisa menggunakan Software atau Aplikasi untuk mendesainnya. Jika di PC cobalah Photoshop, dan jika di Smartphone maka cukup gunakan Pixellab, Canva, atau Aplikasi Logo Maker.

Buat Nama Toko yang Unik & Mudah Diingat

Logo dan nama toko/lapak menjadi 2 hal paling penting dalam melakukan branding di Marketplace. Agar nama toko unik dan mudah diingat, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti tidak boleh terlalu panjang, jangan samakan dengan nama toko lain, dan gunakan kata yang mudah dieja. 

Tentukan nama toko Anda seunik mungkin dan sebaiknya sesuai dengan apa yang Anda jual. Cobalah menggunakan bahasa Inggris jika memungkinkan. Tips lain menentukan nama toko ialah dengan menggunakan singatan, contoh nama toko "Putra Mokas" Mokas singkatan Motor Bekas yang merupakan toko yang menjual berbagai macam motor bekas. Hehehe ngelawak

Tambahkan Deskripsi Toko

Platform marketplace umumnya memungkinkan para penjual untuk menambahkan deskripsi atau informasi toko. Pada menu tersebut Anda bisa menulis tentang Toko Anda untuk membuat konsumen lebih paham tentang toko Anda. 

Anda bisa mencantumkan informasi-informasi tentang toko Anda seperti tentang toko, daftar produk/brang yang dijual, kelebihan produk di toko Anda dibanding toko yang lain. Buatlah deskripsi yang membuat calon pembeli untuk yakin berbelanja di toko Anda.

Tambahkan Banner yang Menarik & Informatif

Banner ibarat spanduk yang ada dipasang di suatu toko di dunia nyata. Toko tersebut akan terlihat menarik jika dilihat dari luar. Selain itu, dengan membuat banner yang menarik dan sesuai dengan toko Anda, orang lain juga akan langsung tahu tentang toko dan apa yang dijual didalamnya.

Sama halnya dengan toko online di Marketplace, Kita juga harus menambahkan banner atau foto sampul yang mewakili toko Anda. Buatlah desain banner yang menarik, informatif, memiliki kombinasi warna yang cocok sehingga enak dilihat, dan tidak terlalu rumit.

Untuk proses pembuatannya, Banner sama saja dengan Logo. Anda membuatnya sendiri atau menggunakan jasa desain. Jika Anda menguasai software Photoshop, maka gunakan photoshop untuk membuatnya. Jika tidak punya PC, maka gunakan aplikasi Pixellab atau Canva yang fitur-fitur lumayan lengkap memungkinkan Kita membuat banner sesuai keinginan.

Buat Foto Produk yang Menarik

Foto produk bisa Anda gunakan sebagai strategi branding di marketplace. Anda bisa mendesain foto produk yang berciri khas. Foto produk yang menarik akan membuat para konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

Salah satunya adalah membahkan watermark pada foto produk. Anda bisa membuat watermark dan menambahkannya di foto produk. Watermark tersebut bisa berupa logo atau nama toko dan bisa juga dikombinasikan.

Akhir Kata

Selain sebagai usaha branding di marketplace, tips-tips diatas juga akan mempercantik toko Anda sehingga terlihat profesional. Selain beberapa cara branding di marketplace diatas, Anda juga bisa aktif di Feed Marketplace dengan membuat Caption dengan tambahan Hastag agar produk lebih banyak yang melihatnya.

Jika Anda ingin membuat Brand Anda lebih terkenal, Anda bisa melakukan promosi lewat sosmed atau bahkan membuat situs web toko Online secara langsung.

Itulah 5 tips melakukan branding di Marketplace. Dengan mengikuti tips-tips diatas akan membuat toko Anda lebih mudah diingat dan terlihat profesional. Semoga tips-tips diatas bisa bermanfaat untuk Anda dalam memulai berbisnis online lewat Marketplace.

0 Response to "√ 5 Tips Memperkuat Branding di Marketplace Agar Toko Mudah Diingat"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel