Iklan Dibawah Header

√ 10 Tips Memilih Marketplace yang Tepat Untuk Jualan Online

Konten [Tampil]

 

Tips memilih marketplace
√ 10 Tips Memilih Marketplace yang Tepat Untuk Jualan Online - Hadirnya marketplace menjadi angin segar bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk-produknya secara online. Di Indonesia telah muncul lumayan banyak marketplace. Bagi yang baru ingin memulai membuat toko online di marketplace pasti akan bingung dalam memilih marketplace yang tepat. Agar tak salah pilih Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih marketplace yang tepat untuk jualan online.

Menggunakan semua marketplace mungkin adalah hal yang gila dan mustahil. Membuat toko online di satu atau beberapa marketplace sekaligus mungkin wajar saja. Tapi, pasti beberapa orang akan bingung memilih marketplace yang akan digunakan untuk membuat lapak.

Pada artikel kali ini Tips Memilih Marketplace yang Tepat Untuk Jualan Online. Tips-tips dibawah adalah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih marketplace agar tidak kebingungan.

Berjualan di marketplace memang sangatlah menjanjikan. Berbeda dengan membuat Website Toko Online sendiri yang mengharuskan Kita mengeluarkan biaya untuk membeli Domain dan Hosting yang akan dibayar tiap bulan atau pertahunnya. Belum lagi SEO yang harus diperhatikan untuk mendatangkan calon konsumen lewat Search Engine. Selain gratis, berjualan di marketplace juga akan mendatangkan calon pembeli asalkan marketplace yang Anda pilih ramai penggunanya.

Dengan banyakanya situs marketplace saat ini akan membingungkan Kita dalam menentukan tempat penjualan online yang tepat dan sesuai. Marketplace memang menjadi ladang bisini yang sangat mengungkan untuk tiga pihak yakni, Pembeli, Penjual, dan Pemilik perusahaan Marketplace itu sendiri.

Baik, silahkan Anda simak beberapa tips atau hal yang perlu diperhatikan dalam memilih marketplace yang tepat sebagai tempat untuk memasarakan produk/barang Anda.

Tips Memilih Marketplace yang Tepat

Berikut 10 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Marketplace yang tepat untuk jualan online. Sambil baca Tipsnya, jangan lupa siapkan Minuman dan Cemilan. Hehehe

Marketplace User Friendly

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih marketplace adalah apakah marketplace tersebut User Friendly. User Friendly adalah kemudahan dalam penggunaan. Marketplace tersebut tidak membingungkan penjual dan pembeli.

Pilihlah marketplace yang mudah dimengerti bahkan pengguna yang Gaptek sekalipun. Jika marketplace tersebut User Friendly, bahkan orang tua Kita yang baru mengakses marketplace akan langsung paham dan tidak membingungkan pembeli, seperti mencari produk, mengirim pesan ke penjual, dan sebagainya.

Baca Juga11 Tips Jitu Berjualan di Marketplace Supaya Laris Manis

Marketplace yang Memiliki Reputasi Baik

Memilih marketplace yang memiliki reputasi baik apalagi adalam hal sistem keamanan yang terjaga. Hal ini untuk mencegah yang yang tidak diinginkan baik itu Anda sebagai penjual maupun bagi pembeli. Marketplace-marketplace besar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak pasti sudah tidak diragukan keamanan, memiliki reputasi yang baik, dan memiliki ratusan juta pengguna tiap bulannya.

Kecenderungan Pengguna Marketplace

Setiap marketplace pasti memiliki kecenderungan pengguna (Pembeli) masing-masing. Terdapat 2 yang perlu diperhatikan, yakni berdasarkan rata-rata Gender pengguna dan rata-rata produk yang dijual di marketplace tersebut.

Yang pertama berdasarkan Gender. Beberapa marketplace memiliki rata-rata pengguna perempuan atau rata-rata laki-laki. Contoh, di Shoope rata-rata penggunanya adalah Perempuan sehingga sangat cocok bagi yang ingin menjual produk-produk fashion dan kecantikan.

Yang kedua adalah rata-rata produk yang dijual pada suatu marketplace. Contoh, OLX terkenal dengan tempatnya jual beli barang bekas. Penggunanya yang kebanyakan mencari barang bekas seperti alat elektronik, motor dan mobil bekas. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan tempat membuat toko online yang menjual alat/barang bekas.

Memiliki Fitur yang Memudahkan Penjual

Setiap marketplace pasti memiliki menawarkan fitur yang memudahkan baik itu pembeli dan penjual. Terkhusus jika Anda sebagai penjual dan memiliki toko online nantinya, pilihlah marketplace yang menyediakan fitur untuk penjual yang mampu membuat penjualan sesuai yang ekspektasi. 

Beberapa fitur mungkin gratis dana ada juga yang berbayar. Jadi, sebaiknya pelajari marketplace-marketplace yang menarik perhatian Anda untuk mengatahui fitur yang disediakan untuk Seller.

Baca Juga5 Tips Branding di Marketplace Agar Lapak Mudah Diingat

Pilih Marketplace yang Ramai

Tips memilih marketplace berikutnya adalah hal yang wajib Anda perhatikan. Yap! Apalagi jika bukan Ramai atau banyaknya pengguna dalam hal ini para pembeli. Dengan benyaknya pengguna, peluang untuk produk Anda laris manis akan sangat besar.

Marketplace-marketplace raksasa seperti Tokopedia dan Shopee marupakan salah satunya. Kedua marketplace ini memiliki pengguna yang sangat banyak di Indonesia. Jadi, buatlah toko online di marketplace terknal dengan pengguna yang ramai. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari tahu rata-rata jumlah pengguna suatu marketplace tiap bulannya.

Kemudahan Dalam Transaksi

Sistem transaksi suatu marketplace berbeda-beda. Pelajari sistem transaksi suatu marketplace dan pilih marketplace-marketplace yang sistem transaksinya sesuai dengan keinginan Anda. Kemudahan transaksi akan membuat pembeli lebih senang bertransaksi di marketplace tersebut

Peraturan dan Kebijakan Marketplace

Setiap marketplace pasti memiliki perbedaan aturan dan kebijakan masing-masing. Pilihlah marketplace yang memiliki aturan yang dapat Anda patuhi. Jangan sampai peraturan dan kebijakan tersebut membuat Anda tidak nyaman untuk berjualan di marketplace tersebut.

Tapi perhatikan juga peraturan dan kebijakan yang justru akan menguntungkan Anda sebagai penjual. Marketplace-marketplace pasti akan memanjakan para Seller-Sellernya dengan aturan dan kebijakan yang akan menguntungkan dan membuat penjual menjadi betah menggunakan marketplace tersebut untuk berjualan online.

Prospek Marketplace di Masa Mendatang

Meskipun Kita dapat memperediksi keadaan suatu marketplace di masa mendatang, tapi ada baiknya Anda memikirkan prospek marketplace dari berbagai aspek. Contoh, pakah marketplace yang akan Anda pilih akan tetap memiliki pengguna yang ramai atau malah menurun.

Ini adalah salah satu tips untuk menentukan situs marketplace yang tepat yang tidak boleh Anda sepelekan. Jangan sampai marketplace yang Anda pilih dimasa mendantang akan mengalami penurunan performa padahal telah banyak modal yang dikeluarkan seperti Branding toko, dan sebagainya.

Baca Juga10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Jualan di Marketplace

Sering Membuat Promo dan Event

Marketplace-marketplace seperti Tokopedia dan Shopee yang merupakan 2 marketplace terbesar di Indonesia bisa sukses seperti sekarang ini karena salah satunya adalah sering membuat event promo. Event-event yang mereka kini sukses menarik perhatian para konsumen untuk berbelanja di marketplace tersebut. Secara otomatis, Anda sebagai pemilik lapak pasti presentasi untuk jualan laris manis akan semakin besar. Oleh karena itu, sebaiknya pilih marketplace yang tepat dengan mempertimbangakan seringnya marketplace tersebut membuat event dan promo.

Memiliki Pelayanan Buyer dan Seller yang Bagus

Dengan memiliki layanan pelanggan yang mudah dihubungi, hal ini akan memudahkan para Buyer dan Seller seperti Anda mudah menghubungi pihak marketplace jika terjadi sesuatu. Jika pelayanan suatu marketplace baik, maka hal ini akan menarik minat orang-orang ingin membeli produk secara online  memilih marketplace tersebut untuk membeli.

Akhir Kata

Itulah 10 tips memilih marketplace yang tepat untuk berjualan online. Hal-hal diatas perlu Anda perhatikan jika bingung memilih marketplace untuk digunakan sebagai tempat membuat lapak dagangan Anda secara online. Semoga tips-tips yang dijelaskan diatas bermanfaat bagi Kita semua dalam mengepakkan sayap sukses berbisnis secara online

0 Response to " √ 10 Tips Memilih Marketplace yang Tepat Untuk Jualan Online"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel