Iklan Dibawah Header

Cara Menggunakan Aplikasi Greenify No Root, Bisa Hemat Baterai?

Konten [Tampil]
cara menggunakan greenify
Cara Menggunakan Aplikasi Greenify No Root, Bisa Hemat Baterai? - Di artikel sebelumnya, Mediarale telah membahas Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara, yang dimana pada artikel tersebut salah satu tutorialnya adalah menggunakan aplikasi Greenify. Nah, kali ini akan dibahas tuntas tentang aplikasi Greenify ini, mulai dari Apa itu Greenify? Apa saja fungsi Greenify, Cara menggunakan Greenify dan Cara settingnya.

Mendahului penjelasan Fungsi Greenify dibawah, Greenify adalah aplikasi yang banyak diinstall karena "Katanya" dapat menghemat baterai, melegakan RAM, dan membuat ponsel lebih stabil. Apakah aplikasi ini bisa melakukan hal tersebut? Jawabannya Bisa Saja karena pada dasarnya cara kerja menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang berada dalam daftar dengan satu kali klik. Kalau begitu lebih baik menonaktifkan aplikasi secara manual saja di pengaturan tanpa install aplikasi? Yap! Bisa saja, tapi Ribet. Jika hanya menonaktifkan 1 aplikasi saja mungkin tak apa, tapi bagaimana jika beberapa aplikasi sekaligus?

Nah, jika keborosan baterai dan Performa HP Anda tidak seperti biasanya, maka Anda bisa mencoba aplikasi Greenify. Untuk lebih paham tentang aplikasi Greenify, lebih jelasnya silahkan Anda simak penjelasan dibawah.


Apa Itu Greenify

Greenify adalah aplikasi yang dapat menonaktifkan aplikasi yang telah dipilih. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang berjalan di latar belakang yang apabila dibiarkan, akan membuat baterai ponsel sedikit boros dengan menggunakan RAM sehingga berimbas pada performa HP yang akan lambat. Dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan Greenify, diharapkan dapat membuat Baterai lebih hemat, RAM lebih lega yang sebelumnya tidak demikian karena disebabkan oleh aplikasi yang berjalan dilatar belakang meskipun tidak dibuka sama sekali.

Cara kerja Greenify adalah melakukan Hibernasi atau Freeze pada aplikasi yang telah ditentukan. Hibernasi tersebut sebenarnya hanya menonaktifkan aplikasi di pengaturan saja.

Greenify bisa digunakan di Android & iOS baik itu yang sudah di Root maupun belum Root. Bagi Anda yang bertanya cara menggunakan Greenify tanpa root, Anda bisa mengikuti panduan dibawah. Bagi Anda pengguna Andaroid, Anda bisa mendownloadnya di Play Store atau melalui link ini.

Fungsi Greenify

Mungkin diatas Saya banyak menyinggung beberapa fungsi dari aplikasi Greenify. Apa saja sih keuntungan yang didapat jika menggunakan aplikasi ini? Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, berikut adalah fungsi dari aplikasi Greenify.

1. Menghemat Baterai

Dengan menggunakan aplikasi ini tidak berarti baterai HP Anda  menjadi hemat 50% dan sebagainya tetapi setidaknya akan mengurangi konsumsi daya dari aplikasi yang berjalan di latar belakang meskipun tidak dibuka sama sekali. Jadi misalnya aplikasi A aktif di latar belakang dan mengkomsumsi Daya sebanyak 9% dalam 1 jam. Nah, dengan menonaktifkannya menggunakan Greenify bisa lebih menghemat penggunaan daya baterai.

2. Melegakan RAM

RAM berfungsi untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Dengan RAM, Kita dapat bermain Whatsapp sambil Facebook-an dan sebagainya. Nah, aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa dibuka pun akan menggunakan RAM untuk dapat berjalan.


3. Membuat Performa Ponsel Lebih Enteng

Imbas dari RAM yang lega dapat membuat performa ponsel Kita jadi lebih enteng karena aplikasi-aplikasi yang menggunakan RAM akan dinonaktifkan. Itu berarti akan membuat ruang RAM jadi sedikit lega.

4. Dapat Memblokir Notifikasi Mengganggu

Fungsi ini mengkin lebih spesifik ke aplikasi-aplikasi Sosial media seperti WhatsApp yang Kita tahu notifikasi Chat yang masuk merupakan notifikasi Pop Up yang lumayan mengganggu apalagi saat bermain game.

Cara Menggunakan Greenify Tanpa ROOT

Nah, sekarang Kita sampai ke inti artikel ini yakni Cara Menggunakan aplikasi Greenify khusus untuk Anda yang memiliki Smartphone yang belum Root. Greenify dapat Kita gunakan di Smartphone yang telah Root maupun belum Root. Inti dari penggunaan Greenify adalah membuat aplikasi ini melakukan hibernasi dan memilih aplikasi yang akan di hibernasi. Berikut ini adalah panduan cara menggunakan Greenify tanpa akses Root.
  1. Silahkan buka aplikasi Greenify Anda.
  2. Awal masuk Kita akan diberi Opsi Working Mode yakni Root atau tanpa Root. Silahkan pilih My Device is No Rooted lalu Next.
    cara menggunakan greenify
  3. Kemudian tap ikon Tambah.
    cara menggunakan greenify
  4. Nah, sampailah Anda ke menu untuk memilih aplikasi-aplikasi apa saja yang akan di hibernasi oleh aplikasi Greenify. Silahkan tap Aplikasi Lainnya. Lalu akan muncul aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan untuk di hibernasi. Aplikasi-aplikasi tersebut berjalan di latar belakang. Silahkan Anda pilih...
  5. Silahkan Anda pilih aplikasi yang ingin dihibernasi. Kalau bisa pilih semuanya saja. Note : ikon awan biru itu merupakan tanda bahwa aplikasi tersebut sangat direkomndasikan untuk di hibernasi.
  6. Nah, selanjutnya adalah menu untuk melakukan Hibernasi. Silahkan tap ikon Zzz. Kemudian aplikasi Greenify akan meminta izin penggunaan. Silahkan izinkan...
    cara menggunakan greenify
  7. Selesai. Selanjutnya jika Anda ingin mengehibernasi aplikasi tersebut lagi, cukup masuk ke aplikasinya lalu tap ikon Zzz.
Note : Jika aplikasi yang dihibernasi dibuka, maka Anda harus melakukan Hibernasi Ulang di Apk Greenify.
Selain itu, Kita bisa membuat Shortcut Hibernasi di Home Screen HP Kita. Cukup tap ikon titik tiga >> Membuat Jalan Pintas Hibernasi >> pilih salah satu.
cara menggunakan greenify

Itulah penjelasan mengenai aplikasi Greenify terutama Cara Menggunakan Aplikasi Greenify Tanpa Root. Semoga dengan ulasan diatas Anda bisa lebih paham tentang cara kerja dan cara menggunakan aplikasi Greenify. Tunggu apalagi, silahkan mulai Coba Greenify untuk mengehmat baterai dan melagkan RAM HP Anda. Jika memang terbukti Ampuh di HP Anda maka rekomendasikan aplikasi ke orang lain.

0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi Greenify No Root, Bisa Hemat Baterai?"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel