Iklan Dibawah Header

√ 5 Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid dengan Mudah

Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid dengan Mudah
√ 5 Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid dengan Mudah - Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai salah satu permasalahan yang sangat sering terjadi pada saat melakukan pengecekan pulsa, kuota internet, serta membeli paket internet malalui dial telepon. Yap, apalagi jika bukan notifikasi Kesalahan Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid.

Cara mengatasi Kode MMI tidak valid dibawah bisa diikuti untuk semua operator, baik itu Smartfren, Telkomsel, Indosat, Axis, XL, Three, dan lain-lain karena memang masalah ini sangat sering muncul di semua operator atau provider. Masalah ini bukanlah masalah yang besar karena biasanya terjadi error baik itu pada jaringan, operator, atau pada HP itu sendiri.

Apa itu Kode MMI

MMI merupakan singkatan dari Man Machine Interface. Kode MMI adalah kode dial perintah yang bisa Kita input untuk mengakses fitur khusus pada telepon. Kode MMI umumnya berisi karakter antara * dan #. Contoh kode *123#, dan sebagainya.

Penggunaaan kode MMI atau kode dial biasa Kita gunakan untuk cek nomor, pulsa, dan kuota. Tak hanya itu, ada juga kode yang akan membawa Kita ke pengaturan tersembunyi pada HP.

Nah, ketika memasukkan dial telepon untuk mengecek pulsa, nomor, ataupun kuota, biasanya sering muncul notifikasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid. Apa penyebab Kode MMI tidak valid? Cuzz lanjut ke pembahasan dibawah.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Jika kode MMI Tidak Valid, maka HP Kita tidak dapat menerima SMS yang dsebabakan oleh masalah jaringan, HP, atau operator. Ada beberapa penyebab hal ini bisa terjadi, berikut adalah penyebabnya :
  • Jaringan/Sinyal yang Lemah
  • Pengaturan Jaringan yang Salah 
  • Kesalahan Pada Sistem HP
  • Jaringan dan Operator Sedang Mengalami Gangguan

Lalu bagaimana cara mengatasi kode MMI Tidak valid? Cuzz, lanjut ke pembahasan dibawah.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Inti dari artikel ini adalah Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid. Dibawah telah dijelaskan beberapa cara untuk mengatasinya. Terbukti ampuh untuk mengatasi hal tersebut.

Cara dibawah bisa diikuti untuk semua operator, baik itu Telkomsel, Smartfren, Indosat, Axis, XL, Three, dan lain-lain. Berikut adalah 5 cara yang bisa Kita lakukan untuk mengatasi Kode MMI tidak valid atau masalah sambungan.

Mode Pesawat

Sebenarnya, Mode pesawat berfungsi untuk membuat HP menjadi tidak terkoneksi dengan jaringan. Pada saat ini aktif, HP tersebut tidak akan menerima panggilan, SMS, notifikasi satupun.

Selain itu, dengan mengaktifkan lalu menonaktifkan mode pesawat, dapat membuat jaringan ter-Refresh kembali. Salah satu penyebab kode MMI tidak valid adalah masalah jaringan telepon yang mungkin sedang terjadi masalah. Nah, jika terjadi hal demikian, Kita bisa me-Refresh jaringan dengan mengaktifkan mode pesawat.

Jadi, cukup Aktifkan Mode Pesawat, lalu tunggu 30 detik sampi satu menit, kemudian nonaktifkan lagi. Nah, tunggu hingga jaringan muncul di status bar lalu masukkan kode dial di telepon.

Restart / Boot Ulang HP

Cara yang kedua ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama diatas. Dengan melakukan Boot Ulang akan membuat sistem operasi HP Kita akan Fresh kembali tanpa masalah.

Cukup Boot Ulang atau Matikan lalu hidupkan Daya HP Anda. Tunggu hingga jaringan muncul, lalu silahkan masukkan kode dial di telepon.

Baca Juga 11 Cara Mengatasi Kode OTP Tidak Terkirim di SMS HP

Cek Kode Dial USSD (Pastikan Sudah Benar)

Nah, apakah Anda audah yakin Dial USSD yang Anda masukkan sudah benar? Setiap provider biasanya memiliki kode dial tertentu untuk melakukan sebuah perintah. Jadi, pastikan Dial nya sesuai.


Hapus Data & Cache Aplikasi Telepon

kode MMI tidak valid bisa terjadi karena ada masalah pada sistem panggilan telepon ini. Untuk mengatasinya, Kita bisa menghapus Data dan Cache aplikasi Telepon di Pengaturan HP Anda. Caranya sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Cari dan Pilih Aplikasi atau Pengelola Aplikasi (letak dan nama opsi ini pada setiap merek HP biasanya berbeda).
  3. Pilih Aplikasi Telepon.
  4. Pilih Penyimpanan.
  5. Nah, silahkan hapus Data dan Cache nya.
  6. Selesai.

Atur Jaringan ke 3G

Bagi Anda yang menggunakan jaringan 4G LTE Only, maka coba setting jaringan menjadi 3G atau 2G. Masuk ke Pengaturan >> Jaringan Seluler >> Ubah Mode Jaringan menjadi 3G. Cara ini dikecualikan bagi pengguna Smartfren 4G LTE.

Kode MMI Tidak Valid Tidak Teratasi dengan Cara Diatas?

Jika cara diatas tak kunjung mengatasi hal tersebut, maka berarti sedang terjadi gangguan atau masalah pada operator jaringan yang Anda pakai. Anda bisa mencari informasi ke orang lain yang juga menggunakan Sim Card provider yang sama.

Jika memang sedang terjadi gangguan, maka satu-satunya cara ialah menunggu hingga gangguan jaringan pada provider/operator teratasi. Biasanya hanya setengah sampai satu hari sudah bisa. Saya sendiri sangat sering mengalami Kode MMI Tidak Valid pada saat melakukan cek kuota dan sebagainya. Nah, untuk mengatasinya ialah dengan mengikuti panduan diatas dan terbukti bisa.

By the way, artikel ini Saya buat pada saat Saya mengalami masalah ini. Memasukkan Kode dial paket internet, cek kuota, dan cek pulsa hanya memuncul notifikasi demikian. Cara diatas sudah Saya lakukan dan tak kunjung bisa, setelah mencari informasi, ternyata provider yang Saya gunakan sedang mengalami masalah.

Kesimpulan

Itulah cara mengatasi kode MMI tidak valid pada di HP. Semoga dapat membantu Anda mengatasi masalah demikian pada HP Anda. Yap, memang membuat risih karena Kita tidak dapat melakukan cek kuota internet, cek pulsa, dan membeli paket internet menggunakan dial telepon.

Silahkan ikuti 5 cara diatas, jika tak kunjung teratasi maka berarti sedang terjadi gangguan pada operator yang menyebab kan Kita dapat melakukan pengecekan dengan kode dial telepon. Jadi, silahkan bersabar hingga masalah selesai.

0 Response to "√ 5 Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid dengan Mudah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel