Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab di HP Android, Berharakat Juga Bisa

keyboard arab android

Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab di HP Android, Berharakat Juga Bisa – Keyboard di Smartphone telah dilengkapi dengan fitur untuk mengganti bahasanya menjadi bahasa-bahasa di seluruh dunia, seperti Korea, China, Rusia, Thailand, aksara Jawa, dan bahasa Arab. Nah, pembahasan kali ini mungkin lebih ke ganti keyboard menjadi bahasa Arab karena Saya yakin apabila Anda paham mengganti bahasa Keyboard, tak hanya keyboard Arab, tapi Anda bisa mengganti bahasa Keyboard HP Android Anda menjadi keyboard dengan bahasa-bahasa yang ada didunia. Asal Keyboard yang Anda gunakan Support, entah itu Keyboard Sistem ataupun aplikasi Keyboard pihak ketiga.

Pada tutorial kali ini akan dijelaskan Cara Mengganti Keyboard Menjadi Bahasa Arab di HP Android. Tak hanya itu, bagi Anda yang sudah paham cara menggantinya tapi masih belum paham Cara Memberi Harakat Pada Keyboard Arab HP Android, maka Saya jelaskan juga tutorialnya.

Cara supaya Keyboard HP Kita menjadi bahasa Arab ialah dengan mengatur bahasa keyboard secara langsung di pengaturan Keyboard pada bagian Bahasa. Tapi, untuk menemukan Opsi tersebut mungkin akan agak susah karena tiap merek Smartphone Android memiliki tampilan dan letak pengaturan keyboard yang berbeda. Oleh karena itu, dibawah, Anda bisa mengikuti Cara Mengganti Keyboard Menggunakan Aplikasi Gboard atau Swiftkey jika Anda bingung menemukan Setting bahasa Keyboard di HP Anda.

Silahkan Anda simak tutorial cara ganti keyboard menjadi bahasa Arab dibawah, serta cara memunculkan harakat di Keyboard Bahasa Arab.

Cara Mengganti Keyboard Jadi Bahasa Arab di Keyboard Sistem

Keyboard Sistem adalah Keyboard Default yang sudah ada pas awal pertama kali HP Anda dioperasikan. Jadi, Kita tidak perlu menginstall aplikasi Keyboard pihak ketiga agar Kita bisa mengetik. Nah, setiap merek HP biasanya memiliki tampilan dan pengaturan yang berbeda. Yang akan Kita cari supaya Keyboard menjadi bahasa Arab ialah opsi untuk mengubah bahasanya. Biasanya dibagian atas Keyboard ada opsi tersebut. Jika tidak ada maka coba masuk ke Pengaturan HP.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda ikuti langkah-langkah Mengganti Keyboard Jadi Bahasa Arab di Keyboard Sistem dibawah ini :

  1. Silahkan cek dibagian atas Keyboard. Apakah ada opsi untuk Mengubah Bahasa.
  2. Jika ada, tapi tidak ada pilihan Bahasa Arab, maka tap Tambahkan Bahasa. Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab
  3. Nah, silahkan centang Bahasa Arab.
  4. Selanjutnya Anda bisa pilih opsi Mengubah Bahasa tadi lalu pilih Bahasa Arab sebagai bahasa Keyboard default. Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab
  5. TAPI… Jika Anda tidak menemukan opsi tersebut,
  6. Masuk ke Pengaturan.
  7. Pilih Bahasa dan Masukan.
  8. Pilih keyboard sistem atau default.
  9. Pilih Bahasa.
  10. Nah, Centang Bahasa Arab.
  11. Untuk mengganti keyboard jadi bahasa Arab, silahkan pilih bahasa Arab.

Note : gambar diatas adalah Keyboard TouchPal Vivo. Jadi, jika beda merek mungkin akan beda tampilan juga. Tapi pengaturannya hampir mirip dengan langkah-langkah diatas.

Pada intinya Kita hanya perlu mengatur Bahasa Keyboard di Pengaturan Keyboard itu sendiri. Nah, pengaturan keyboard sistem tiap merek itu berbeda, entah itu Xiomi, Samsung, Vivo, Oppo, Lenovo, dan lain-lain.

Cara Mengganti Keyboard Jadi Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga

Jika Anda bingung dengan cara diatas, maka sebaiknya ikuti tutorial dibawah saja. Yap, mengganti Keyboard menjadi bahasa Arab menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ketig. Anda tidak perlu bingung dengan cara diatas, cukup ikuti langkah-langkahnya saja. Aplikasi yang Kita gunakan adalah Gboard dan Swiftkey. Silahkan pilih salah satu…

Menggunakan GBoard (Google Keyboard)

GBoard atau Google Keyboard adalah keyboard yang dibuat langsung oleh Perusahaan Google terkhusus untuk HP Android.  Google Keyboard memiliki banyak fitur, salah satunya adalah penggantian bahasa keyboard menjadi bahasa Arab dan bahasa lainnya. Aplikasinya bisa Anda download disini.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti cara keyboard bahasa Arab menggunakan Google Keyboard (GBoard) dibawah ini :

  1. Install dan Buka aplikasi GBoard.
  2. Kamudian Langkah 1 adalah Pilih GBoard di setelan bahasa dan masukan. Tap Aktifkan Dalam Setelan lalu Centang/Aktifkan GBoard. Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab
  3. Selanjutnya Langkah 2 adalah memilih GBoard sebagai Keyboard Default. Tap Pilih Metode Masukan lalu pilih GBoard. Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab
  4. Nah, ketika pada Halaman Semua Siap, tap Bahasa Tambahan lalu tap Tambahkan Keyboard. Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab
  5. Nah, silahkan pilih Arab >> Arab (Arab Saudi).
  6. Tap Selesai. Silahkan kembali ke Halaman Semua Siap lalu tap Selesai.
  7. Nah, untuk mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab GBoard, silahkan tap ikon Bulat/Globe pada bagian bawah Keyboard. Tombol tersebut berfungsi untuk mengubah bahasa Keyboard. Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab

Menggunakan SwiftKey Keyboard

Microsoft SwiftKey Keyboard adalah salah satu aplikasi Keyboard Smartphone yang sangat populer. Aplikasi Swiftkey telah didownload lebih dari 100 Juta kali di Play Store dan Keyboard ini lumayan ringan atau ramah RAM. Sama halnya dengan GBoard diatas, aplikasi Keyboard yang satu ini memiliki banyak fitur, salah satunya adalah penggantian bahasa keyboard menjadi bahasa Arab dan bahasa lainnya. Aplikasinya bisa Anda download disini.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti cara keyboard bahasa Arab menggunakan SwiftKey Keyboard dibawah ini :

  1. Install dan Buka aplikasi Swiftkey Keyboard.
  2. Sama halnya dengan GBoard diatas, Swiftkey Keyboard akan meminta untuk Mengaktifkan Swiftkey dan memilih Swiftkey sebagai Keyboard Default. Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab
  3. Jika langkah tersebut selesai, tap Bahasa.
  4. Scroll kebawah lalu pilih Bahasa Lainnya kemudian pilih Bahasa Arab. Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab
  5. Nah, Anda harus terhubung ke internet karena Swiftkey akan melakukan proses Download Keyboard bahasa Arab. Tunggu hingga selesai.
  6. Nah, untuk mengaktifkan Keyboard Bahasa Arab SwiftKey, silahkan tap ikon Atur Bahasa pada bagian atas Keyboard. Tombol tersebut berfungsi untuk mengubah bahasa Keyboard. Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab

Cara Memunculkan Harakat di Keyboard Bahasa Arab

Nah, untuk memunculkan Harakat di Keyboard bahasa Arab, biasanya terdapat tombol Titik yang didalamnya terdapat tombol-tombol untuk memasukkan harakat. Caranya, klik dan tahan tombol titik tersebut lalu geser untuk memilih Harakat.

Cara Memunculkan Harakat di Keyboard Bahasa Arab

Akhir Kata

Itulah Cara Setting Keyboard Menjadi Bahasa Arab di HP Android Serta memunculkan harakat di Keyboard bahasa Arab. Setiap Keyboard umumnya telah disediakan opsi Keyboard bahasa Arab, jadi Kita tinggal mengaktifkan Bahasa Arab lalu lakukan pengubahan bahasa Keyboard menjadi bahasa Arab menggunakan tombol yang disediakan.