Iklan Dibawah Header

Air Terjun Batu Manrusu', Surga Tersembunyi di Parangloe, Gowa

Konten [Tampil]
Air Terjun Batu Manrusu', Surga Tersembunyi di Parangloe, Gowa
Artikel kali ini  berbeda dengan artikel-artikel sebelumnya. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas salah satu wisata alam yakni air terjun yang ada di Kec. Parangloe, Gowa.

Salah satu wisata alam yang paling manarik untuk dikunjungi adalah air terjun. Pemandangan air yang jatuh dari ketinggian serta tebing yang indah adalah kombinasi yang akan menciptakan keindahan tiada tara. Selain keindahannya, suara gemuruh air yang berjatuhan juga menjadi nilai tambah bagi kita para wisatawan

Sekilas Tentang Wisata Air Terjun Batu Manrusu'

Air terjun ini diberi nama "Air Terjun Batu Manrusu'". Warga setempat juga sering menyebutnya Bantimurung Manrusu'. Sebelum air terjun ini dibuka untuk umum, air terjun Batu Manrusu' pada awalnya dinamakan Bantimurung Pattunga. Kata "Pattunga" diambil dari nama sebuah perkampungan yang ada di dekat air terjun ini.

Wisata air terjun Batu Manrusu' pertama kali dibuka bagi wisatawan sekitar akhir tahun 2019 lalu. Dengan kerjasama warga setempat, air terjun ini sudah bisa dikunjungi dan dinikmati oleh wisatawan.

Awal mula dibuka, air terjun ini hanya dikunjungi oleh masyarakat setempat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu serta adanya pengelolaan oleh warga setempat, air terjun ini mulai ramai dikunjungi oleh orang-orang dari luar sampai sekarang ini.

Air terjun ini sangat ramai dikunjungi pada hari-hari libur seperti pada hari minggu. Mulai dari pagi hari hingga sore hari pengunjung bergantian berdatangan dari berbagai daerah.

Air terjun Batu Manrusu' menawarkan keindahan alam yang masih asri, jauh dari hiruk pikuk dan kebisingan kota serta struktur batuan sungai yang indah menciptakan air terjun ini enak dipandang mata. Jadi cocok sekali bagi Anda yang ingin refreshing. ±1 KM dari air terjun Batu Manrusu' ini kita dimanjakan dengan pepohonan yang asri di pinggir jalan serta udara yang sejuk.

Di pinggiran air terjun (sungai) ini banyak tempat-tempat untuk beristirahat atau memakan bekal yang kita bawa.

Orang-orang biasanya berkunjung ke wisata alam air terjun ini untuk berswafoto, bermain air (berenang dan berendam), piknik, dan sebagainya.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke wisata air terjun Manrusu' sebaiknya pada musim hujan, karena pada musim kemarau air pada sungai tersebut mengering. Jadi tentu kita tidak dapat menikmati air terjun jika tidak ada air yang mengalir, bukan?

Untuk sampai ke air terjun ini anda akan merasakan sensasi turun gunung serta sensasi naik gunung jika ingin pulang. Pergi dan pulang yang saya maksud disini adalah dari tempat parkir hehehehe. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah.

Air terjun ini memiliki jarak yang relatif dengan air terjun Parangloe (Bantimurung Parangloe) yang terlebih dahulu terkenal.

Air Terjun Batu Manrusu' Bertingkat

Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan namun yang menjadi primadona pengunjung ialah hanya 3 tingkatan, yaitu :

Tingkat 1

Tingkat 1 berada paling bawah. Pada tingkat 1 memilki ketinggian air terjun yang lebih tinggi dibanding tingkatan lainnya.
Air Terjun Batu Manrusu', Surga Tersembunyi di Parangloe, Gowa

Tingkat 2

Air Terjun Batu Manrusu', Surga Tersembunyi di Parangloe, Gowa
Tingkatan ke-2 ini merupakan tingkatan yang paling banyak di kunjungi (padat) oleh para pengunjung. Pada tingkatan inilah para pengunjung banyak menghabiskan waktu untuk berfoto-foto karena air terjun pada tingkatan ini termasuk yang relatif indah dan enak dipandang mata.
Air Terjun Batu Manrusu', Surga Tersembunyi di Parangloe, Gowa
Pada tingkatan ini pula sering dijadikan tempat berenang atau berendam oleh para pengunjung karena memiliki luas ± 5X4 M dengan kedalaman kurang dari 2 Meter atau setara dengan dada orang dewasa. Ya meskipun ini adalah tempat berenang yang cukup luas sih hehehehe...

Tingkat 3

Nah, sama halnya dengan tingkat 2 diatas, pada tingkatan ke-3 ini juga menjadi spot berfoto-foto oleh para pengunjung. Pada tingkatan ini juga dimanfaatkan para pengunjung untuk berendam saja.
Air Terjun Batu Manrusu', Surga Tersembunyi di Parangloe, Gowa

Bagaimna? Tertarik untuk berkunjung?

Apabila anda berkunjung ke wisata air terjun Batu Manrusu' ini sebaiknya memperhatikan etika-etika kita sebagai traveller seperti menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, sebaiknya kita menjaga perkataan dan perbuatan kita saat berada disana.

Dari segi keamanan, selama kita berhati-hati, maka semua akan baik-baik saja. Kita hanya perlu berhati-hati karena licin serta waspada akan air bah yang mungkin datang tiba-tiba. Perbanyak berdo'a saja!

Letak dan Akses Menuju Wisata Air Terjun Batu Manrusu'

Secara lengkap, lokasi air terjun ini terletak di antara kampung Pattunga dan Dusun Kasimburang, Desa Belapunranga, Kec. Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan. Letaknya tepat berada di kaki Gunung Lampasa' (Bulu Lampasa').

Jaraknya dari Bendungan Bili-Bili ialah ±20 KM. Untuk sampai ke air terjun ini kita bisa menggunakan kendaraan apapun baik itu sepeda, sepeda motor maupun mobil.

Proyek perbaikan jalan yang tepat nya melewati wisata air terjun ini rampung dan siap di lalui. Jadi, jika dulu akses jalan menuju air terjun ini rusak (bebatuan) maka sekarang sudah di perbaiki.

Untuk sampai di air terjun anda harus sampai ke Kecamatan Parangloe, Desa Belapunranga tepatnya di dusun Kasimburang. Nah, di Dusun Kasimburang inilah silahkan anda bertanya kepada warga setempat jika belum mengetahui letaknya.

Tips Berwisata ke Air Terjun Batu Manrusu'

1. Membawa Bekal

Karena lokasinya yang sangat tersembunyi serta agak jauh dari permukiman warga, maka sebaiknya anda membawa bekal dari rumah atau membelinya pada saat di perjalanan. Ya meskipun kadang ada warga setempat yang menjual makanan di sana. Apabila sudah ada disana diharapkan tidak membuang sampah sembarangan demi kenyamanan bersama.

2. Mengetahui Tempat Wisata Alam ini dan Rute Perjalanannya

Sebagaimana yang saya jelaskan tadi diatas, air terjun ini memliki letak yang agak tersembunyi maka kita sebaiknya mengetahui betul letaknya. Untuk sampai di air terjun anda harus sampai ke kecamatan Parangloe, desa Belpunranga tepatnya di dusun Kasimburang. Nah, di dusun kasimburang inilah silahkan anda bertanya kepada warga setempat jika belum mengetahui letaknya.

3. Jangan Datang Jika Akan dan Sedang Terjadi Hujan, Waspada Air Bah!

Meskipun saya jelaskan diatas bahwa datanglah pada saat musim hujan karena pada musim kemarau tidak ada air yang mengalir bukan berarti anda bisa seenaknya kapanpun datang ke tempat ini. Demi keamanan, sebaiknya anda tidak bermain-main di air terjun ini pada saat hujan, karena ditakutkan arus sungai yang deras serta air bah yang muncul secara tiba-tiba. Namun apabila anda sudah berada di air terjun tersebut lalu terjadi hujan, maka sebaiknya anda pergi ke pinggiran sungai saja demi keselamatan anda.


4. Utamakan Keselamatan

5. Pakailah Alas Kaki yang Nyaman dan Anti Selip

6. Jangan Mengganggu Pengunjung Lain


Wisata-wisata lain yang bisa anda kunjungi dan relatif dekat dekat dengan air terjun Batu Manrusu' ini seperti wisata kebun Harland, air terjun Parangloe, Bendungan Bili-Bili, dan lain-lain.

Baik, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Sekian... Enjoy!!!!!!

0 Response to "Air Terjun Batu Manrusu', Surga Tersembunyi di Parangloe, Gowa"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel