Iklan Dibawah Header

Apa Itu RAM dan ROM : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, dan Contoh

Konten [Tampil]
Bagi Anda yang sering melihat sebuah iklan atau review mengenai sebuah Gadget baik itu yang baru rilis atau sudah lama, pasti sudah tak asing lagi dengan kata RAM dan ROM. Bagi Anda yang mungkin belum mengerti pasti bertanya dalam hati apa itu RAM dan ROM? Apa perbedaannya? Bagaimana bentuknya? Apa fungsinya? Dan lain-lain.

Kedua kata tersebut selalu muncul karena RAM dan ROM merupakan salah satu tolak ukur HP atau Komputer dikatakan canggih. RAM dan ROM merupakan dua komponen penting yang berperan dalam pengelolaan data-data sistem HP atau Komputer.
ram dan rom

Apa Itu RAM dan ROM

Sebelum Kita mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan, fungsi, dan contoh RAM dan ROM, Kita terlebih dahulu harus memahami apa itu RAM dan ROM agar lebih mudah dipahami nantinya.

Apa Itu RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Acces Memory. RAM adalah sebuah perangkat memori yang terdapat di Komputer ataupun Smartphone yang berfungsi memyimpan data sistem dan aplikasi yang sedang berjalan secara sementara. Artinya, apabila sistem dan aplikasi dimatikan, maka secara otimatis RAM akan menghapus data dari sistem dan aplikasi yang tadi dijalankan.
ram
Sumber : Pixabay.com

RAM sangat berperan dalam proses multitasking Komputer maupun Smartphone. Contoh pada Smartphone yang memiliki RAM 2 GB, lalu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Aplikasi-aplikasi yang dijalankan tersebut agar dapat dijalankan secara normal oleh pengguna maka aplikasi tersebut akan menggunakan RAM agar dapat berjalan. Nah, apabila RAM 2 GB tersebut penuh, maka akan menghapus secara otomatis aplikasi-aplikasi yang berjalan sebelumnya. Jika tidak, maka aplikasi maupun sistem akan lambat merespon perintah atau berjalan lambat.

RAM bertanggung jawab agar performa HP atau Komputer tetap lancar dan stabil dalam menjalankan sistem dan aplikasi.

Semakin tinggi kapasitas RAM sebuah Smartphone, maka semakin bagus performa HP tersebut menjalankan aplikasi maupun game.

Ada 2 jenis RAM, yaitu :
  • Dynamic Random Acces Memory (DRAM)
  • Synchoronus Random Acces Memory (SRAM)

Apa Itu ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory. ROM adalah perangkat yang dapat menyimpan data secara permanen. Ketika Sistem mati maka data tersebut tidak hilang.
rom

ROM juga dapat disebut sebagai penyimpanan internal, tempat menyimpan data-data penting sistem, gambar, musik, video, dan data-data penting aplikasi. Fungsinya hampir sama dengan Kartu Memori, bedanya ROM tertanam langsung didalam Motherboard suatu Komputer dan Smartphone, tidak dapat dibongkar pasang seperti Kartu Memori.

ROM memiliki ukuran lebih kecil dari RAM yakni berbentuk Chip yang terletak di Motherboard suatu Komputer ataupun Smartphone.

Perbedaan RAM dan ROM

Berikut perbedaan antara RAM dan ROM, yaitu :
  1. Dari segi kapasitas, terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara RAM dan ROM. Karena fungsinya untuk menyimpan banyak data sistem secara permanen, ROM memiliki kapasitas lebih besar dibanding RAM. ROM pada Smartphone biasanya berkapasitas mulai dari 8 GB, 16 GB, 32 GB, 128 GB hingga 512 GB. Sedangkan RAM di HP biasanya berkapasitas mulai dari 2 GB, 3 GB, 4 GB, 8 GB dan seterusnya.
  2. Data yang disimpan didalam RAM bersifat sementara sedangkan ROM bersifat permanen. Data yang tersimpan didalam RAM akan ter-Refresh secara otomatis apabila aplikasi atau sistem dihentikan. Misalnya Kita bermain game yang agak berat (menggunakan banyak RAM), tetapi sebelumnya Kita menjalankan Facebook dan Whatsapp. Agar pengalaman bermain game lebih baik, maka secara otomatis Facebook dan Whatsapp tersebut akan dihentikan. Berbeda dengan ROM, data akan disimpan secara permanen. Artinya, data tersebut akan terhapus apabila kehendak dari pemilik Komputer ataupun Smartphone ingin menghapusnya.
  3. RAM akan beroperasi menyimpan dan menampilkan data-data apabila Komputer ataupun Smartphone dihidupkan. Setelah dimatikan, data-data tersebut akan hilang.  RAM memerlukan Arus Listrik untuk bisa menyimpan data. Sedangkan ROM tidak!ROM akan menyimpan data tanpa menggunakan Arus Listrik sama sekali baik itu data sistem, data penting aplikasi, foto, video, maupun musik akan tersimpan secara permanen meskipun Komputer ataupun Smartphone di nonaktifkan.


Fungsi RAM dan ROM

Sebagaimana yang dijelaskan diatas, RAM berfungsi untuk menyimpan dan menampilkan data-data sistem dan aplikasi yang sedang berjalan secara sementara. Contoh pada saat menjalankan aplikasi Facebook, WA, Youtube, Browser secara bersamaan maka aplikasi-aplikasi tersebut akan dijalankan oleh RAM. Itulah yang disebut Multitasking. Apabila RAM melebihi kapasitas maka secara otomatis akan berhenti menjalankan aplikasi tersebut.

Sedangkan ROM berfungsi menyimpan data-data secara permanen, tak akan terhapus sampai Kita sendiri yang menghapusnya. File-file seperti foto, video, musik, bahkan Chat yang ada di aplikasi Whatsapp Anda tersimpan didalam ROM HP Anda. Apabila ROM hampir penuh dengan data-data diatas, biasanya akan muncul notifikasi "Penyimpanan Internal hampir penuh". Contoh lain, Bagi Anda yang bermain game seperti PUBG maka pasti sudah tak asing lagi dengan Map-Map yang harus didownload terlebih dahulu. Nah, file-file Map tersebut apabila sudah didownload maka akan menggunakan ROM sebagai tempat penyimpanannya.

Contoh RAM dan ROM

Sebagai contoh RAM dan ROM Pada Komputer dan Smartphone, Kita ambil contoh pada Laptop Gaming Asus

Pada Vivo Y91 yang Saya punya memiliki RAM hanya 2 GB Saja Saya akui sudah berjalan sangat lancar ini. Lalu apa kabar dengan Smartphone keluaran terbaru yag memiliki RAM yang sampai 8 GB seperti Asus Rog Phone. RAM 8 GB berarti dapat menyimpan data-data acak dari aplikasi dan sistem sebesar 8 GB. dan seterusnya...

HP yang memilik ROM sebesar 16 GB berarti dapat menyimpan data-data permanen sebesar 16 GB pula. Lalu apa kabar dengan iPhone dan Black Shark? Hehehe...

Itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, perbedaan, contoh RAM dan ROM. Semoga bisa dengan mudah dimengerti.

Sekian...

0 Response to "Apa Itu RAM dan ROM : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, dan Contoh"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel